HUT Ke-79 TNI, Presiden Jokowi Puji Prabowo Mampu Memodernasi Alutsista

HUT Ke-79 TNI, Presiden Jokowi Puji Prabowo Mampu Memodernasi Alutsista

Nasional | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 09:34
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja Presiden Terpilih Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di puncak HUT ke-79 TNI, di kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (5/10/2024).

“Secara khusus, saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto sekaligus sebagai Presiden Terpilih yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Indonesia itu menilai, kinerja Menhan yang bagus mampu menghadapi berbagai macam tantangan. Prabowo memodernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) hingga memperkuat hubungan diplomasi global.

“Mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Menurut Presiden Jokowi, ke depan tantangan semakin berat, mulai dari teknologi yang semakin cepat, banyaknya ancaman siber berbahaya, hingga tensi geopolitik semakin memanas. Sehingga harus disikapi dengan baik.

“Belum lagi perang yang tidak hanya konvensional, tapi juga perang ekonomi dan perang dagang. Itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan,” tuturnya.

Untuk itu, ia meminta kepada para TNI untuk terus memperbaiki diri, mengikuti perkembangan zaman dan terus beradaptasi dengan perubahan yang ada, termasuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas.

“Namun demikian, TNI tentu tidak bisa bekerja sendirian, kolaborasi, kerja sama dengan berbagai pihak sangat penting baik dengan institusi penegak hukum untuk menjaga stabilitas, dengan perguruan tinggi untuk hal yang terkait dengan iptek maupun pelaku-pelaku industri untuk pengembangan industri pertahanan dalam negeri,” pungkasnya.

Topik Menarik