Bahaya, Israel Rudal Area Dekat Pangkalan Militer Rusia dan Diduga Gudang Senjata di Suriah

Bahaya, Israel Rudal Area Dekat Pangkalan Militer Rusia dan Diduga Gudang Senjata di Suriah

Global | okezone | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 07:37
share

SERANGAN udara Israel disebut telah menghantam dekat pangkalan udara Rusia di Suriah. Tempat tersebut juga diduga sebagai gudang penyimpanan senjata Rusia yang digunakan mendukung Iran dan "sekutunya". 

Menurut laporan nypost, total ada 30 rudal ditembakkan ke sasaran dekat pangkalan udara Khmeimim di Latakia. Rekaman serangan yang dituduhkan tersebut juga diambil oleh pejabat Ukraina dan sejumlah media.

Video ledakan besar di dekat fasilitas Rusia itu tersebar daring semalam. Menurut media Inggris, ledakan sekunder menunjukkan serangan itu menghantam depot senjata atau amunisi.

Serangan itu terjadi satu jam setelah pesawat kargo Iran Qassem Fars Airlines, yang diduga  mengirimkan senjata, mendarat di pangkalan tersebut. Maskapai penerbangan itu sebelumnya dituduh mengangkut senjata untuk Korps Garda Revolusi Islam Iran.

Sebelumnya, mengutip laporan di media Suriah, helikopter militer terlihat di pangkalan militer Rusia Hmeimim di provinsi Latakia, di barat laut Suriah, pada 16 Februari 2016.

Belum ada konfirmasi resmi mengenai serangan itu, yang dikutip oleh para blogger masa perang Rusia dan kelompok media Lebanon, yang menyatakan bahwa pesawat tak berawak digunakan dalam serangan itu.

Seperti halnya serangan yang menimpa Iran, Israel biasanya tetap bungkam mengenai dugaan serangan di Suriah. Sementara Pusat Komunikasi Strategis Ukraina mengklaim (tanpa bukti) bahwa serangan itu “menghancurkan” pangkalan udara Rusia. Merea mengatakan bahwa “garis merah Rusia hanya ada dalam dongeng.”

Sebelum laporan serangan itu, kantor berita pemerintah Suriah SANA mengatakan serangan udara Israel menghantam sebuah bangunan perumahan di Damaskus, menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai tiga lainnya.
 

Topik Menarik