Cari Kerja Susah, Gen Z Lulusan S1 Pilih Jadi Tukang Ledeng hingga Teknisi Listrik

Cari Kerja Susah, Gen Z Lulusan S1 Pilih Jadi Tukang Ledeng hingga Teknisi Listrik

Terkini | okezone | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:22
share

JAKARTA – Sulitnya mencari kerja membuat para Gen Z tidak percaya lagi dengan gelar Sarjana (S1). Hal ini terungkap oleh Survei yang dilakukan Harris Poll melalui Intuit Credit Karma.

Hasil survey mengungkap pekerja Gen Z lebih memilih berlatih menjadi tukang ledeng dan teknisi listrik karena kehilangan kepercayaan pada gelar sarjana.

Melansir New York Post, Rabu (2/10/2024), survei yang dilakukan terhadap 2.091 orang berusia 18 tahun ke atas menemukan sekitar 50 Gen Z yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 mengaku berencana untuk pindah ke pekerjaan kerah biru.

"Karena janji gelar sarjana empat tahun tidak terpenuhi, dan biaya untuk memperoleh gelar sarjana terus meningkat, anak muda Amerika membuat pekerjaan kerah biru menjadi keren lagi," kata Courtney Alev, advokat keuangan konsumen di Credit Karma.

Sekitar 77 responden mengatakan "ketinggalan zaman" untuk menganggap bahwa gelar sarjana diperlukan untuk karier yang sukses, dan hanya setengahnya yang mengatakan kuliah sepadan dengan investasinya. Sekitar 23 Gen Z memandang berdagang lebih positif daripada jadi karyawan.

Sebanyak 78 orang Amerika mengatakan bahwa mereka telah memperhatikan lonjakan minat orang dewasa muda baru-baru ini terhadap karier perdagangan, menurut penelitian tersebut.

Topik Menarik