4 Abad Berlalu, Kapal Perang Kuno Spanyol Kembali Berlayar Jelajahi Dunia

4 Abad Berlalu, Kapal Perang Kuno Spanyol Kembali Berlayar Jelajahi Dunia

Terkini | okezone | Senin, 30 September 2024 - 10:24
share

KAPAL perang kuno Spanyol kembali berlayar mengelilingi dunia setelah 400 tahun berlalu. Kapal ini akan berlabuh berada di Inggris, dan kembali setelah melakukan pelayaran yang panjang. 

Namun jangan salah, Kapal Galeón Andalucía ini merupakan replika dari kapal Galleon Spanyol di abad ke-17. Galeón Andalucía akan menetap di Inggris, setelah menempuh perjalanan lebih dari 100.00 mil mengelilingi laut. 

Kapal replika tersebut merupakan inisiatif dari Nao Victoria Foundation, yang berkeinginan menciptakan kembali sejarah yang menginspirasinya dengan menjelajahi dunia dan bertindak sebagai 'Duta Besar Andalusia' yang membawa warisan dan budaya maritimnya ke masyarakat internasional sebagai 'museum terapung' yang sesungguhnya.

Galeón Andalucía telah menempuh laut menyusuri Sungai Thames, juga menyeberangi Tower Bridge dan tiba pada awal minggu ini. Kapal tersebut akan tetap berlabuh di St. Katharine's Dock, di jantung Kota London. 

Kapal itu akan menetap di Inggris hingga 6 Oktober 2024, sebagai tur terakhir mereka dalam perjalanan sepanjang tahun di kota-kota lain di Inggris Raya dan pelabuhan-pelabuhan di Prancis, Belanda, dan Jerman. 

 

Rute Eropa diawali ke beberapa pelabuhan paling luar biasa, setelah berlayar lebih dari 100.000 mil laut melintasi samudera dan lautan di seluruh dunia. 

Kapal ini telah berlayar ke Shanghai, Hong Kong, Singapura, Manila, dan New York. Secara total, lebih dari 150.000 orang telah mengunjungi deknya. 

Kapal Galleón Andalucía sendiri merupakan replika galleon Spanyol yang megang dengan panjang 55 meter, memiliki enam dek, dibangun dari kayu iroko dan pinus, dan permukaan layar seluas hampir 1.000 meter persegi tersebar di tujuh layarnya. Kapal ini dapat dikunjungi sebagai museum, dan Anda dapat melihat foto serta dokumen bersejarah. 

Topik Menarik