4 Riwayat Penyakit yang Pernah Diderita Maggie Smith Semasa Hidup

4 Riwayat Penyakit yang Pernah Diderita Maggie Smith Semasa Hidup

Terkini | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 12:12
share

AKTRIS senior sekaligus bintang film Harry Potter, Dame Maggie Smith, meninggal dunia di usia 89 tahun pada Jumat, 27 September 2024. Kabar tersebut dikonfirmasi putra Smith, Chris Larkin dan Toby Stephens. Mereka mengonfirmasi bahwa Maggie telah meninggal dunia dalam sebuah pernyataan kepada Press Association.

Chris dan Toby mengatakan Dame Maggie Smith tutup usia di Rumah Sakit Chelsea and Westminster, Inggris. Meski tak disebutkan penyebab kematian sang aktris senior, rupanya, di sepanjang hidupnya, Maggie sempat memiliki sejumlah riwayat penyakit.

Melansir dari laman Today, Sabtu, (28/9/2024), berikut deretan penyakit yang pernah diidap Maggie Smith. Yuk disimak!

1. Didiagnosis penyakit Graves

Smith sempat didiagnosa menderita penyakit Graves, tepatnya saat ia baru saja memulai perannya dalam drama nominasi Tony 'Lettice and Lovage' pada 1988 lalu. Menurut Klinik Cleveland, penyakit Grave yakni merupakan suatu kelainan di mana sistem kekebalan menyerang kelenjar tiroid untuk alasan yang tidak diketahui.

Kondisi ini adalah yang paling umum dari hipertiroidisme, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Gejalanya meliputi mudah tersinggung, gemetar, kelelahan, jantung berdebar-debar, perubahan warna kulit, dan perubahan bentuk mata, di mana merupakan gejala yang sempat dialami Smith pada usia 54 tahun.

“Pengobatan, dan tekadnya memungkinkan dia untuk menyelesaikan kontraknya selama setahun (hanya melewatkan satu penampilan), tetapi kerusakan wajah yang diakibatkannya, khususnya tonjolan pada bola mata dan bengkak di sekitar mata tidak kunjung membaik,” tulis laporan The New York Times pada 1990 silam.

Diagnosisnya muncul tepat setelah Smith mengalami patah lengan dan patah bahu karena terjatuh dari sepeda pada November 1988 saat dalam perjalanan ke Kepulauan Virgin Britania Raya. Setelah pertunjukan tersebut, Smith melanjutkan isolasi selama satu tahun di mana dia menjalani radiasi, operasi untuk mengatasi bentuk dan pembengkakan di sekitar matanya dan merehabilitasi lengannya dengan berenang.

“Ini benar-benar seperti kabut keputusasaan. Sungguh menyedihkan jika lengannya patah, buruk sekali dengan permainannya, mengecewakan semua orang dan terlebih lagi, aku terlihat sangat menakutkan, dan tidak tahu harus berpaling ke mana,” kata Smith kepada The New York Times.

2. Kanker payudara

Smith juga sempat didiagnosis menderita kanker payudara, tepatnya saat ia sedang syuting "Harry Potter and The Half-Blood Prince," film keenam dari franchise tersebut. Saat itu, Smith merasakan ada benjolan di payudaranya, namun saat itu ia tidak khawatir dan menghiraukannya.

“Saya merasa sedikit rum. Saya kira itu bukan sesuatu yang serius karena bertahun-tahun yang lalu saya merasakan benjolan dan itu tidak berbahaya. Saya berasumsi hal ini juga akan terjadi,” kata Smith kepada surat kabar Inggris The Times.

Selama dua tahun, Smith menjalani pengobatan, termasuk kemoterapi dan radiasi. Dia menyebut pengobatan itu “mengerikan,” dan mengatakan bahwa pengobatan itu terasa lebih buruk daripada kanker.

“Kamu merasa sangat sakit. Saya berpegangan pada pagar sambil berpikir, ‘Saya tidak bisa melakukan ini,'” katanya.

Ternyata, saat berperan sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam "Harry Potter," Smith bahkan sempat mengenakan wig.

“Saya tidak berambut. Saya tidak punya masalah dalam memakai wig itu. Saya seperti telur rebus,” kenangnya.

Setelah melakukan proses pengobatan yang panjang selama dua tahun lamanya, Smith akhirnya dinyatakan bebas kanker.

Topik Menarik