Apakah Benar Jaket Motor Tidak Boleh Dicuci? Ini Penjelasannya

Apakah Benar Jaket Motor Tidak Boleh Dicuci? Ini Penjelasannya

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 17:31
share

JAKARTA - Banyak pertanyaan yang ada di masyarakat mengenai jaket motor. Apakah benar jaket motor tidak boleh dicuci?

Itu karena biasanya saat berkendara pengemudi motor menggunakan jaket. Pasalnya, saat berkendara, banyak polusi dan juga bisa jadi pengendara berkeringat sehingga jaket motor bisa kotor.

Biasanya, pakaian yang sudah kotor dicuci agar bersih dan lebih nyaman digunakan. Apakah hal ini berlaku juga dengan jaket motor?

Tentunya dalam proses pencucian, membutuhkan cara khusus dan terdapat hal penting yang harus diperhatikan.

Dilansir dari Planet Ban, Selasa (24/9/2024), dibeberkan cara yang runut dan rinci dalam proses pencucian jaket motor, sehingga bisa tetap awet dan nyaman untuk dipakai. Berikut penjelasannya : 

1. Periksa Label Pada Jaket

Label pada jaket merupakan suatu hal yang penting karena terdapat banyak informasi, salah satunya mengenai cara mencuci. Pastikan untuk memeriksa label jaket terlebih dahulu, lalu ikuti panduan mencuci yang disarankan.

Pasalnya, tidak semua jaket dapat dicuci dengan cara yang sama, ikuti secara benar anjuran mencuci pada label untuk meminimalisir kerusakan pada jaket.

2. Siapkan Peralatan

Setelah mengetahui informasi terkait cara yang tepat dalam mencuci jaket motor, peralatan dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan pencucian.

Pastikan terdapat air bersih, bak cuci, sikat, dan yang terpenting cairan pembersih khusus.

3. Bersihkan Noda

Noda yang terdapat pada jaket motor dapat dbersihkan dengan cairan khusus, lalu sikat secara halus agar tidak terjadi kerusakan. Jika khawatir sikatnya berbahan kasar, mengucek dengan tangan menjadi opsi yang lebih baik.

4. Bilas Jaket

Ketika noda yang terdapat pada jaket telah dibersihkan, bilas dengan air bersih secukupnya secara merata. Namun, terdapat beberapa jaket motor yang berbahan kulit lebih baik untuk dilap saja.

 

5. Keringkan Jaket

Pengeringan jaket motor juga membutuhkan perlakuan yang berbeda. Ini karena memeras jaket seperti seperti pakaian lain akan membuatnya rusak.

Alternatif yang lebih baik adalah dengan menggantung jaket di tempat yang berangin dan terhindar dari panas terik matahari.

6. Setrika Jaket

Proses menyetrika jaket motor juga perlu dibedakan dengan menyetrika pakaian pada umumnya. Hal ini karena bahan jaket motor yang tidak tahan akan panas yang berlebihan.

Oleh karena itu, disarankan suhu yang tepat untuk menyetrika jaket motor adalah 20 derajat dan lakukan secara halus dan perlahan. Apabila jaket motor berbahan kulit pastikan setrika hanya dibagian luarnya saja.

Berikut tahapan yang bisa diikuti oleh masyarakat sebagai upaya mencuci jaket motor yang kotor dan butuh dicuci, tetapi dapat terhindar dari kerusakan. (Muhammad Adli Arif)

Topik Menarik