Pulau Jawa Diguyur Hujan Selama Sepekan ke Depan, BPBD DKI: Kita Sudah Dapat <i>Warning</i>!

Pulau Jawa Diguyur Hujan Selama Sepekan ke Depan, BPBD DKI: Kita Sudah Dapat Warning!

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 17:04
share

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta merespons prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi Pulau Jawa bakal diguyur hujan selama sepekan ke depan.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta, Yohan mengaku telah mendapat warning dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia berharap intensitas hujan cenderung terkendali dan tidak menimbulkan bencana banjir dan lainnya.

"Memang prediksinya seminggu ini cuaca hujan. Sudah dapat warning dari BNPB juga. Kita berharap cenderung terkendali ya," kata Yohan saat dikonfirmasi, Selasa (24/9/2024).

Yohan menyebut BPBD DKI belum menentukan masa tanggap darurat dengan adanya prediksi hujan selama sepekan ke depan. "Masih tahap normal saja (belum tanggap darurat)," ucapnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca periode 24 hingga 30 September 2024. Di mana, Pulau Jawa berpotensi diguyur hujan sepekan ke depan.

“Dalam sepekan ke depan, meskipun angin monsun timuran masih aktif, kelembaban relatif yang tinggi di wilayah Jawa diperkirakan akan meningkatkan potensi hujan,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (24/9/2024).

BMKG mengungkapkan udara lembab yang terbawa dari Samudra Hindia, ditambah dengan suhu permukaan laut yang hangat, dapat mendukung pembentukan awan konvektif, terutama di bagian barat dan tengah Jawa.

“Kondisi ini menciptakan peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, bahkan disertai petir di beberapa daerah, terutama pada sore hingga malam hari. Meskipun aliran udara monsun timuran biasanya kering, kelembaban tinggi ini berperan penting dalam memicu peningkatan intensitas curah hujan di wilayah Jawa,” papar BMKG.

Topik Menarik