Mengenal Motif Batik di Sirkuit Mandalika, Penghargaan untuk Kebudayaan Lokal

Mengenal Motif Batik di Sirkuit Mandalika, Penghargaan untuk Kebudayaan Lokal

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 14:56
share

MOTIF batik di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menarik untuk diulas. Hal itu cukup mencuri perhatian jelang balapan MotoGP Mandalika 2024, 27-29 September.

Sirkuit Internasional Mandalika diketahui dibangun mulai 2019 hingga 2021. Lintasan balap ini dibangun di kawasan Kuta Mandalika, Lombok Tengah, yang masuk dalam kawasan ekonomi khusus (KEK).

Sirkuit tersebut dibangun tidak hanya untuk kepentingan balapan saja tetapi juga menonjolkan salah satu unsur budaya lokal. Hal itu terlihat pada area run-off di tikungan 10 dan 15-16.

Terdapat motif batik di dua area tersebut yang menambah kecantikan Sirkuit Mandalika. Lalu, apa asal-usul atau arti dari motif batik tersebut?

Dihimpun dari berbagai sumber, motif tersebut mengadopsi dari tepian kain tenun khas Suku Sasak. Mereka adalah penduduk lokal di kawasan Lombok Tengah di mana Sirkuit Mandalika terletak.

Motif itu berbentuk garis mengotak dan saling berkaitan dari ujung satu ke ujung lainnya. Dalam kebudayaan Latin, motif tersebut dikenal sebagai Motif Meander atau Greek Lines.

Topik Menarik