Konvoi Membawa Diplomat Indonesia Dihantam Ledakan Bom di Pakistan, Ini Respon Kemlu RI

Konvoi Membawa Diplomat Indonesia Dihantam Ledakan Bom di Pakistan, Ini Respon Kemlu RI

Global | okezone | Senin, 23 September 2024 - 19:01
share

JAKARTA – Konvoi yang membawa rombongan diplomat asing, termasuk diplomat Indonesia mendapat serangan bersenjata di Pakistan pada Minggu, (22/9/2024). Ledakan bom yang menghantam konvoi tersebut menewaskan seorang polisi dan melukai 3 orang lainnya.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI), serangan tersebut menargetkan iringan korps diplomatik yang akan mengikuti kegiatan Islamabad Chamber of Commerce and Industry (ICCI) di Islamabad. Serangan dengan menggunakan bom improvisasi itu terjadi pada Minggu, di Swat Valley, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

“Dalam iringan korps diplomatik tersebut turut serta Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Islamabad. KUAI KBRI Islamabad dan seluruh rombongan korps diplomatik dalam keadaan aman dan telah kembali ke Islamabad dengan selamat,” demikian disampaikan Kemlu RI dalam keterangannya, Senin, (23/9/2024).

Hingga saat ini belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Menyusul serangan ini, KBRI Islamabad terus berkoordinasi dengan aparat pemerintah Pakistan untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Pakistan. KBRI Islamabad juga mengimbau masyarakat untuk memantau pemberitaan secara bertanggung jawab karena banyak gambaran tidak akurat terkait insiden ini yang beredar di media internasional.

Topik Menarik