Begini Kata Jokowi soal RI Tambah Saham 10 di Freeport

Begini Kata Jokowi soal RI Tambah Saham 10 di Freeport

Terkini | okezone | Senin, 23 September 2024 - 18:43
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal rencana penambahan 10 saham di PT Freeport Indonesia menjadi 61. Saat ini, pemerintah menguasai saham Freeport 51.

"Masih dalam negosiasi," kata Jokowi usai meresmikan produksi smelter PT Freeport Indonesia, Gresik, Jawa Timur, Senin (23/9/2024).

Jokowi menceritakan pada saat dirinya menambah saham Freeport menjadi 51. Kala itu, menurutnya negosiasi berlangsung alot.

"Dulu saat kita mau ngambil 51, itu juga negosiasinya juga tidak sebulan, dua bulan, tiga bulan, tahunan, alot. Bukan hal yang gampang. Dan saat itu memang banyak yang sudah pesimis, tapi saya masih optimis bahwa akan kita dapatkan 51 saham mayoritas," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, proses negosiasi sedang dilakukan oleh Kementerian ESDM. Jokowi meminta negosiasi tersebut segera diselesaikan.

"Ini masih proses, nanti tanyakan prosesnya ke Menteri ESDM. Tapi saya minta memang secepatnya harus dikelirkan. Karena smelternya juga sudah jadi, dan ini adalah milik Indonesia," ujar Jokowi.

Topik Menarik