Tarif Cukai Rokok Naik 5 di 2025? Ini Bocorannya

Tarif Cukai Rokok Naik 5 di 2025? Ini Bocorannya

Terkini | okezone | Senin, 23 September 2024 - 18:35
share

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan belum akan melakukan penyesuaian tarif cukai rokok atau hasil tembakau (CHT) pada 2025. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani mengungkapkan, kebijakan tarif cukai rokok di 2025 tersebut berdasarkan pembahasan terakhir dengan DPR.

"Kebijakan CHT 2025, sampai dengan penutupan pembahasan RUU APBN 2025 yang sebelumnya sudah ditetapkan DPR posisi pemerintah untuk penetapan CHT, penyesuaian CHT 2025 belum akan dilaksanakan," kata Askolani dalam APBN KiTA di Jakarta, Senin (23/9/2024).

Namun demikian diakui Askolani, pemerintah masih akan melihat alternatif kebijakan lainnya seperti penyesuaian harga jual khususnya di level industri.

"Dan nanti juga akan direview dalam beberapa bulan ke depan untuk bisa dipastikan penetapan kebijakan yang akan ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Askolani menjelaskan, kebijakan dari CHT 2025 ini juga tentunya akan mempertimbangkan kebijakan down trading yang hingga kini masih terjadi. Down trading itu perbedaan antara rokok golongan 1, 2, 3 relatif tinggi karena menjadi salah satu penyebab yang dapat menyebabkan adanya down trading di industri rokok.

"Dan tentunya evaluasi dari beberapa tahun ini kebijakan CHT menjadi salah satu basis yang kemudian arah kebijakan CHT 2025 akan direview kembali oleh pemerintah untuk penetapannya," katanya.

Topik Menarik