Gempa M3,4 Guncang Kota Sorong, BMKG Ungkap Penyebabnya

Gempa M3,4 Guncang Kota Sorong, BMKG Ungkap Penyebabnya

Terkini | okezone | Senin, 23 September 2024 - 06:33
share

JAKARTA - Gempa berkekuatan M3,4 mengguncang Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (23/9/2024), sekira pukul 04:29:18 WIT. Peristiwa ini berlokasi di laut dengan kedalaman 5 km.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.74° LS dan 131.44° BT, pada jarak 18 km Timur Laut Kota Sorong, Papua Barat Daya.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sorong,” ujar Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Yustus Rumakiek dalam keterangannya.

Gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Sorong dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Yustus melaporkan hingga hari Senin, 23 September 2024, pukul 05.08 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

 

Yustus pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbaunya. 

Topik Menarik