Shin Tae-yong Berpotensi Dapatkan Mantan Bek Bayer Leverkusen Tanpa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Berpotensi Dapatkan Mantan Bek Bayer Leverkusen Tanpa Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas Indonesia

Terkini | okezone | Minggu, 22 September 2024 - 05:35
share

SHIN Tae-yong berpotensi dapatkan mantan bek Bayer Leverkusen tanpa dinaturalisasi untuk perkuat Timnas Indonesia. Pemain yang dimaksud adalah Reno Munz.

Reno Munz diketahui merupakan jebolan akademi Bayer Leverkusen. Dia kini memperkuat klub yang mentas di Bundesliga 2 2024-2025 atau Liga 2 Jerman 2024-2025, yakni Greuter Furth.

Bek berusia 18 tahun itu resmi hijrah ke Greuter Furth musim panas lalu. Reno Munz pun tercatat sudah mentas di dua pertandingan Bersama klub barunya tersebut.

Sosok Reno Munz pun bisa turut dilirik untuk memperkuat Timnas Indonesia jika memang berminat. Sebab, dia bisa membela Timnas Inodnesia tanpa perlu dinaturalisasi.

Sejatinya, Reno Munz tak punya darah keturunan Indonesia dari kedua orangtuanya. Ayah dan ibunya sama-sama berkewarganegaraan Jerman.

Tetapi, Reno Munz diketahui lahir di Jakarta. Tepatnya, dia lahir pada 2 Oktober 2005. Hal inilah yang bisa dimanfaatkan sehingga sang pemain tak perlu dinaturalisasi.

Berdasarkan statute FIFA Artikel 7, seorang pemain yang lahir di suatu negara bisa membela negara tersebut tanpa melalui naturalisasi. Karena itu, berdasarkan asas Ius Soli, Reno Munz adalah warga negara Indonesia (WNI).

Sayangnya, Indonesia bukan termasuk negara yang menganut asas Ius Soli secara penuh. Pemberlakuannya pun terbatas hanya bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang No 12 Tahun 2006.

Berdasarkan undang-undang tersebut, Munz berstatus sebagai anak berkewarganegaraan ganda. Seorang anak yang berkewarganegaraan ganda wajib menentukan kewarganegaraannya pada rentang usia 18-21 tahun.

Topik Menarik