6 Fakta Pembebasan Pilot Susi Air, Pendekatan Humanis Jadi Kunci

6 Fakta Pembebasan Pilot Susi Air, Pendekatan Humanis Jadi Kunci

Nasional | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 13:00
share

JAKARTA - Satgas Damai Cartenz 2024 yang merupakan gabungan dari TNI-Polri berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

Berikut fakta yang berhasil dihimpun:

1. Sudah Satu Setengah Tahun Disandera

Kapten Philip disandera di wilayah Nduga sejak 7 Febriari 2023. Dengan pendekaran humanis, kapten maskapai Susi Air itu dibebaskan pada 21 September 2024. Lebih tepatnya 19 bulan Kapten Philip disandera.

2. Susi Pudjiastuti Bersyukur

Pendiri sekaligus pemilik maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti merespon atas bebasnya pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens. Dia pun berucap syukur atas bebasnya pilot tersebut yang telah dijemput oleh Satgas Damai Cartenz 2024.

"Alhamdullilah Hirrabbil Alamiin. Mendapat Kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika. Alloh Maha Besar dan Kasih," kata Susi.

3. Pendekatan Soft Approach

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani bahwa Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach. 

"Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" jelas Faizal.

4. Jokowi Sebut Proses Pembebasan Panjang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua membutuhkan proses negosiasi panjang dan kesabaran.

“Ya ini kan proses negosiasi yang sangat panjang dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif,” tegas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

 

5. Kondisi Kapten Pholop saat Dibebaskan

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno mengatakan, saat dibebaskan kondisi Kapten Philip Mark Mehrtens dalam keadaaan sehat. Dan berhasil dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga.

"Kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," jelas Bayu, Sabtu (21/9/2024).

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil. Setelah kegiatan mitigasi, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

6. Siapa Penyandera Kapten Philip?

Penyandera Kapten Philip yakni Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris yang dikomandani oleh Egianus Kogoya. Dia dikenal brutal dalam setiap melincarkan aksi kriminalnya.

KKB Teroris menyebut, komandan distrik mereka di Nduga Egianus Kogoya, yang memimpin penangkapan Marthens, termasuk di antara mereka yang terlibat baku tembak dengan pasukan gabungan.

Topik Menarik