Ini yang Akan Didalami terhadap Capim KPK saat Tes Wawancara

Ini yang Akan Didalami terhadap Capim KPK saat Tes Wawancara

Nasional | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 11:05
share

JAKARTA - Sebanyak 20 calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjalani tes wawancara dan kesehatan di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta hari ini, Selasa 17 September 2024. Berbagai hal akan didalami tim panelis.

Ketua Pansel Capim dan Cadewas KPK Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, salah satunya soal kemunduran kinerja KPK, yang belakangan disuarakan berbagai elemen masyarakat. "Semuanya termasuk hal itu (isu kemunduran KPK)," kata Yusuf Ateh saat dihubungi awak media, Selasa (17/9/2024).

Yusuf Ateh memastikan proses seleksi tes wawancara berlangsung secara terbuka. Ia pun mengaku telah mengundang 40 orang masyarakat sipil untuk memantau langsung jalannya tes wawancara.

"Semi terbuka. Ada undangan dari masyarakat sipil 40 orang," ucap Yusuf Ateh.

Kendati begitu, pihaknya tidak menyediakan live streaming dalam proses tes wawancara ini. Sebab, khawatir peserta yang belum menjalani tes wawancara akan mengetahui persoalan yang ditanyakan pansel.

Sebelumnya, Pansel KPK menyiapkan empat orang panelis untuk menguji 40 orang Capim dan Calon Dewan Pengawas (Dewas) KPK di tes wawancara hari ini.

Wakil Ketua Pansel, Arif Satria mengungkapkan bahwa penguji dalam tes wawancara itu dibagi-bagi dengan penguji calon Dewas KPK. Penguji akan dibagi masing-masing menjadi dua orang. 

"Capim Taufiequrahman Ruki - Ketua KPK 2003-2007 dan Dadang Trisasongko - ICW," kata Arif melalui keterangannya kepada wartawan, Selasa 17 September 2024.

 

Untuk Dewas KPK, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Ningrum Natasya Sirait dan Direktur Eksekutif Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan Periode 2020-2023, Laode M. Syarif yang juga Wakil Ketua KPK periode 2015-2019.

"Cadewas: Ningrum Natasya Sirait-Guru Besar FH USU dan Laode M. Syarif-Kemitraan," jelas dia.

Diketahui, sebanyak 40 Capim KPK dan Capim Dewas KPK dinyatakan lolos profile assessment. Jumlah tersebut terbagi menjadi 20 Capim KPK dan 20 Capim Dewas KPK.

Berikut daftar 20 nama Capim KPK yang lolos test assessment: 

 1. Agus Joko Pramono 

 2. Ahmad Alamsyah Saragih 

 3. Didik Agung Widjanarko 

 4. Djoko Poerwanto 

 5. Fitroh Rohcahyanto 

 6. Harli Siregar 

 7. I Nyoman Wara 

 8. Ibnu Basuki Widodo 

 9. Ida Budhiati 

 

 10. Johan Budi Sapto Pribowo 

 11. Johanis Tanak 

 12. Michael Rolandi Cesnanta Brata 

 13. Muhammad Yusuf 

 14. Pahala Nainggolan 

 15. Poengky Indarti 

 16. Sang Made Mahendrajaya 

 17. Setyo Budiyanto 

 18. Sugeng Purnomo 

 19. Wawan Wardiana 

 20. Yanuar Nugroho

Topik Menarik