Kisah Apes Letkol Untung, Komandan Cakrabirawa dan Aktor G30S PKI yang Diamuk Massa karena Dikira Copet

Kisah Apes Letkol Untung, Komandan Cakrabirawa dan Aktor G30S PKI yang Diamuk Massa karena Dikira Copet

Nasional | okezone | Kamis, 12 September 2024 - 08:26
share

JAKARTA - Kisah apes Letkol Untung, Komandan Cakrabirawa dan aktor G30S PKI yang diamuk massa karena dikira copet.

Terlebih Letkol Untung adalah pemimpin pasukan Cakrabirawa pada peristiwa G30S PKI. Dia dituduh sebagai otak pelaku penculikan para jenderal yang jasadnya dimasukkan kedalam lubang buaya.

- Berikut kisah pes Letkol Untung, Komandan Cakrabirawa dan aktor G30S PKI yang diamuk massa karena dikira copet:

Letkol Untung menjadi buronan aparat setelah terjadinya peristiwa G30S PKI. Sayangnya ia berhasil ditangkap oleh 2 orang anggota TNI AD di Jawa Tengah.

Selain itu, pada pertengahan Oktober 1965, usai meletusnya peristiwa G30S PKI yang berakhir dengan kegagalan, Letkol Untung memilih meninggalkan Jakarta menuju Jawa Tengah.

Letkol untuk menggunakan bus malam dalam perjalannya menuju Jawa Tengah. Dia mencoba berbaur dengan para penumpang lain dengan menyamar memakai pakaian sipil.

Saat bus hendak memasuki daerah Tegal, bus berhenti di sebuah pos pemeriksaan. Untung yang khawatir dirinya akan dikenali memutuskan untuk turun dari bus dan melarikan diri.

Apesnya Letkol Untung langsung dikejar dan diringkus massa di sebuah kebun tebu. Bahkan dia digebuki oleh massa yang mengejarnya.

Letkol Untung diperiksa di markas CPM Tegal, diketahui bahwa Untung yang memimpin peristiwa G30S PKI. Setelah melalui sidang Mahmilub yang cepat, pada 7 Maret 1966, majelis hakim Mahmillub menjatuhkan vonis mati kepada Untung.

Pembacaan amar putusan Untung berlangsung selama 3,5 jam setelah itu. Hakim menyatakan bahwa Untung terbukti berpartisipasi dalam peristiwa G-30-S dalam beberapa rapat di berbagai lokasi. Sebelum dieksekusi di Cimahi, Jawa Barat, pada tahun 1967, Untung akhirnya ditahan.

Topik Menarik