Jakarta Bisa Contoh Tokyo untuk Jadi Kota Go Global

Jakarta Bisa Contoh Tokyo untuk Jadi Kota Go Global

Terkini | okezone | Rabu, 11 September 2024 - 13:57
share

JAKARTA - Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonergoro menilai bahwa pemerintah harus serius memperbaiki Kota Jakarta. Pasalnya, Jakarta belum pernah masuk dalam indeks Kota Paling Layak Huni.

Bambang mengatakan, Asosiasi Perencana Indonesia mencoba membuat peringkat kota paling layak huni di Indonesia. Jakarta masih tertinggal dibandingkan kota lain seperti Semarang.

"Oleh karena itu, pemerintah Jakarta perlu fokus pada cara membuat Jakarta lebih layak huni dan berdaya saing global, Jakarta liveable and a globally competitive city, seperti Singapura, Kuala Lumpur, dan Bangkok," ujarnya, dalam Jakarta Investment Festival (JIF) 2024, Rabu (11/9/2024).

Menurut Bambang, praktik terbaik dalam regenerasi perkotaan di kota-kota global antara lain, New York City yang mengubah jalur kereta api tua menjadi taman publik. Tokyo, meskipun memiliki ruang terbatas, telah memaksimalkan penggunaan lahan melalui proyek infill vertikal dan pengembangan mixed-use neighborhoods.

"Contoh Tokyo relevan bagi Jakarta dalam hal keterbatasan ruang," ujarnya.

Kemudian London, proyek redevelopmen King's Cross adalah contoh sukses regenerasi perkotaan, mengubah lahan industri tua menjadi distrik campuran yang dinamis, meningkatkan aktivitas ekonomi dan vitalitas perkotaan.

"Saya pikir siapapun yang akan terpilih sebagai gubernur Jakarta setidaknya harus mencetuskan satu proyek pembaruan perkotaan," ujarnya.

Bambang pun memberikan beberapa rekomendasi untuk regenerasi perkotaan Jakarta:

1. Strengthening zoning regulations and incentives . Memperkuat regulasi dan insentif zonasi. Dorong pembangunan kembali ruang-ruang yang tidak terpakai melalui insentif keuangan, seperti keringanan pajak atau subsidi untuk proyek infill.

"Proyek intinya menurut saya adalah berupa perumahan publik," ujarnya.

2. Promote public-private partnerships . Mempromosikan kemitraan publik-swasta. Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta perlu diperluas untuk mendanai proyek regenerasi skala besar dan pengembangan infrastruktur.

Skema ini juga bisa membiayai perumahan publik.

Topik Menarik