Gunakan Prinsip Kerahasiaan, KPU Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara di Pilkada Lawan Kotak Kosong 

Gunakan Prinsip Kerahasiaan, KPU Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara di Pilkada Lawan Kotak Kosong 

Nasional | okezone | Sabtu, 7 September 2024 - 09:54
share

DEPOK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan simulasi pemungutan suara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang melawan kotak kosong.

Diketahui, sebanyak 41 daerah akan melaksanakan Pilkada melawan kotak kosong. "Kami mengadakan beberapa simulasi termasuk juga simulasi di daerah yang satu Pilkada. Atau simulasi kotak kosong," kata Ketua Divisi Teknik KPU RI Idham Holik di Lapangan Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (7/8/2024).

Meski begitu, Idham mengatakan bahwa simulasi lawan kotak kosong ini tidak dilaksanakan di Daerah Pemilihan yang ada lawan kotak kosongnya mengingat mengedepankan prinsip kerahasiaan.

"Untuk simulasi kotak kosong kami laksanakan tidak di tempat Pilkada tidak yang kotak kosong. Nanti kami akan kami koordinasikan. Ya Kalau kita simulasinya di tempat kotak kosong kan kegambar," jelasnya.

"Karena salah satu prinsip itu kan rahasia. Jadi kita akan tempatkan tidak di tempat wilayah yang kotak kosong. Tapi kami akan laksanakan simulasi pemungutan suara kotak kosong," tambah Idham.

Sementara itu, dari pantauan MNC Portal simulasi pemungutan suara masih berlangsung. Dalam simulasi juga tampak tenda yang didesain mirip dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Idham pun mengatakan bahwa simulasi ini nantinya akan dipresentasikan dalam rapat konsultasi dengan DPR RI. "Catatannya mungkin nanti malam kita baru ketahui. Dan seperti yang pernah kami lakukan dalam pemilu serentak 2024 yang lalu hasil simulasi kami presentasikan dalam rapat konsultasi di DPR," pungkasnya.

Topik Menarik