Tercetus sejak 2017, Program Kemenparekraf Wonderful Indonesia Co-Branding Kini Punya 184 Mitra

Tercetus sejak 2017, Program Kemenparekraf Wonderful Indonesia Co-Branding Kini Punya 184 Mitra

Terkini | okezone | Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:16
share

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menorehkan pencapaian cukup membanggakan, termasuk mengukuhkan program Wonderful Indonesia Co-Branding yang menjadi salah satu program unggulan kementerian yang dipimpinnya.

Program Wonderful Indonesia Co-Branding pertama kali tercetus pada 2017 di masa jabatan Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya. Program ini mengajak brand-brand lokal maupun multinasional untuk bermitra dengan Kemenparekraf dalam mempromosikan potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Pada awal diluncurkan, WICB memiliki 44 anggota kemitraan yang berasal dari beragam latar belakang unit bisnis. Kini, program tersebut dilaporkan telah memiliki 184 anggota kemitraan yang aktif.

(Foto: dok. Kemenparekraf)

"Malam ini saya sangat senang dan sangat terharu. Saya ingat betul, program WICB dimulai pada tahun 2017 yang diinisiasi oleh Pak Arief Yahya. Awalnya dimulai beberapa mitra saja, hari ini saya diberitahu anggota mitranya sudah nyaris 200 brand," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara 'Seremonial Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama & MoU Wonderful Indonesia Co Branding Forum II 2024' di kawasan Jakarta Selatan, Jumat, 27 Juli 2024.

Sandi menjelaskan, program Wonderful Indonesia Co-Branding dalam perjalanannya memainkan peran yang sangat penting dalam menggaet minat wisatawan. Tak hanya dalam negeri, namun juga mancanegara.

Salah satu dampak nyata dari program tersebut yakni branding pariwisata Indonesia dapat melenggang di kancah dunia. WICB juga menginspirasi lahirnya program-program andalan Kemenparekraf lainnya seperti Indonesia Spice Up The World.

Melalui WICB pula banyak bermunculan kegiatan-kegiatan menarik seperti WICF yang konsisten diadakan setiap tahun sejak 2017. Kegiatan ini merupakan wadah diskusi interaktif antara Kemenparekraf dengan para anggota kemitraan Wonderful Indonesia Co-Branding.

WICF merupakan wujud komitmen Kemenparekraf dalam membangun ekosistem pemasaran yang lebih matang dan kokoh, mempertajam program-program promosi dan pemasaran, serta meningkatkan aktivasi kolaborasi yang sinergis.

(Foto: dok. Kemenparekraf)

Saya harap, sebelum mengakhiri masa jabatan, anggota kemitraan Wonderful Indonesia CO-Branding bisa tembus 200 brand. Karena ini program sangat membantu kita dalam mempromosikan potensi pariwisata dan ekraf lokal, kata Sandi memungkasi.

Topik Menarik