Kisah Heroik Jenderal Benny Moerdani Bawa 4 Prajurit Lumpuhkan Pemberontak

Kisah Heroik Jenderal Benny Moerdani Bawa 4 Prajurit Lumpuhkan Pemberontak

Nasional | okezone | Rabu, 24 Juli 2024 - 06:10
share

JAKARTA - Jenderal Kopassus LB Benny Moerdani dikenal sebagai tentara yang berani. Bahkan, dirinya pernah berhasil menjalankan operasi merebut daerah yang dikuasai pemberontak hanya bersama dengan empat prajuritnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Benny dipanggil Letkol Udara Wiriadinata untuk ke pusat Kota Pekanbaru karena di sana terdapat markas kegiatan PRRI/Permesta (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia dan Perjuangan Rakyat Semesta). Benny pun berangkat ke Pekanbaru bersama empat prajuritnya.

Mereka yang dibawa Benny, yakni Letda Soeweno, Letda Dading Kalbuadi, Kopral Sihombing, serta liaison officer Sukma. Kelimanya bergerak menggunakan Jeep Willy 44 hasil rampasan PRRI di bandara.

Benny dan keempat prajuritnya mendapati sejumlah tempat telah dikuasai PRRI sesampainya di Pekanbaru. Dengan gesit, mereka segera melumpuhkan pemberontak tanpa adanya perlawanan yang berarti.

Kisah ini berawal saat terjadi upaya pemberontakan di Pekanbaru, Riau pada 1958. Aksi tersebut dipimpin Letkol Ahmad Hussein. 

Upaya pemberontakan sebagai bentuk respons ketidakpuasan daerah atas kebijakan pemerintah pusat. Benny yang berpangkat Letnan Satu (Lettu) ditugaskan untuk mengamankan Kota Pekanbaru.

Topik Menarik