DKPP Pecat Hasyim Asy'ari, Wapres Ma'ruf : Mencoreng KPU!

DKPP Pecat Hasyim Asy'ari, Wapres Ma'ruf : Mencoreng KPU!

Nasional | okezone | Kamis, 4 Juli 2024 - 11:56
share

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan, bahwa pemberhentian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait kasus dugaan asusila mencoreng KPU.

"Iya tentu saja (mencoreng) tetapi tentu KPU secara lembaga tidak, karena itu hanya perorangan dan bukan dalam arti keseluruhan jadi itu hanya perorangan ya. Artinya sebagai hanya dia sebagai Ketua saja," kata Wapres usai menghadiri Konferensi dan Expo Asian-Pacific Aquaculture 2024 di Grand City Convention dan Exhibition Hall Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/7/2024).

Lebih lanjut, Wapres pun menghormati putusan dari DKPP terkait pemecatan Ketua KPU ini. "Tentu kita menghormati bahwa itu kan sudah menjadi keputusan dari DKPP ya. Ya itu mereka punya, punya alasan untuk mengambil keputusan itu," bebernya.

"Saya tentu tidak bisa memasuki masalahnya secara langsung karena itu kan kewenangan dari DKPP. Tetapi buat saya yang penting ini pelajaran penting untuk semua pihak jangan sampai hal-hal seperti itu terjadi ya," ujar Wapres.

Wapres berharap kasus ini menjadi pelajaran bagi pejabat lainnya untuk memegang moral dan integritas. "Ini kan apa soal moral soal integritas kali ini ini harus memegang apa namanya itu kekuasaan itu harus betul-betul menjaga," tuturnya.

"Nah ini peringatan, jadi jangan, jangan main-main nanti seperti apa yang terjadi di KPU, nanti kalau ada yang lain pasti akan terjadi lagi. Karena itu ini buat saya ini menjadi pelajaran penting untuk memegang moralitas dan kemudian integritas," pungkasnya.

Topik Menarik