Berkaca Kasus Afif Maulana, Partai Perindo Dorong Reformasi Polri

Berkaca Kasus Afif Maulana, Partai Perindo Dorong Reformasi Polri

Nasional | okezone | Rabu, 3 Juli 2024 - 19:37
share

 

JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal bagian Eksternal DPP Partai Perindo, Virdian Aurellio mendorong reformasi di tubuh Polri secara tuntas dan cepat.

Hal ini sebagai respons atas pengungkapan LBH Padang, di mana kasus kematian Afif Maulana (AM) bocah 13 tahun di Padang yang mana keluarga tak diizinkan ikut autopsi jenazah anaknya sendiri.

"Jadi ini berdekatan dengan momentum HUT bke-78 Bhayangkara dan harusnya peristiwa ini kembali menjadi pengingat bagi Polri dan juga Presiden untuk segera melakukan dan menuntaskan reformasi Polri secara utuh kasus kematian am ini itu," kata Virdian saat dihubungi Rabu (3/7/2024).

Menurutnya, kasus AM bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Lantas dia menyebut kasus serupa seperti CCTV hilang saat peristiwa Kanjuruhan dan Laskar FPI di KM 50 sehingga membuat kepercayaan masyarakat terhadap polisi semakin menurun.

"Ini kan membuat publik menjadi semakin skeptis dan semakin distrust terhadap Polri nantinya berbahaya ini satu itu kedua kita juga pernah menyaksikan saat tragedi Kanjuruhan, di mana CCTV di lobi utama Kanjuruhan juga terhapus CCTV-nya. Padahal ratusan nyawa yang hilang di Kanjuruhannya saat itu dikunci gate di Kanjuruhan," katanya.

Topik Menarik