Dewan Pers : Perlu Tim Investigasi Bersama Usut Kebakaran Rumah Wartawan Tribrata TV di Karo

Dewan Pers : Perlu Tim Investigasi Bersama Usut Kebakaran Rumah Wartawan Tribrata TV di Karo

Nasional | okezone | Selasa, 2 Juli 2024 - 11:50
share

JAKARTA - Dewan Pers akan membentuk tim investigasi bersama yang melibatkan aparat dan unsur jurnalis untuk mengusut kebakaran rumah wartawan Tribrata TV, Sempurna Pasaribu (27) di Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Kamis 27 Juni 2024 malam.

Kebarakan itu menewaskan empat orang sekeluarga, yakni Sempurna Pasaribu, istrinya Elfrida boru Ginting (48), sang anak Sudi Investasi Pasaribu (12), dan cucunya Loin Situkur yang baru berusia 3 tahun.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyatakan bahwa kekerasan terhadap wartawan adalah pelanggaran hukum dan bertentangan dengan isi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

 BACA JUGA:

"Aktivitas wartawan, dalam hal ini wartawan Tribrata TV, menjalankan pekerjaan lain yang diduga melanggar hukum bukan merupakan pembenaran atas kekerasan yang dialaminya," kata Ninik dalam siaran pers diterima Okezone, Selasa (2/7/2024).

Tim pencari fakta dari Komisi Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumut yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan telah memverifikasi dan pendalaman kasus kebakaran tersebut.

Dari hasil investigasi ditemukan sejumlah fakta, bahwa kasus kebakaran yang menewaskan 4 orang itu terjadi setelah korban memberitakan perjudian yang ada di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara dan diduga kuat melibatkan oknum TNI.

 BACA JUGA:

"Dewan Pers sangat menyesalkan terjadinya kebakaran yang merenggut nyawa tersebut. Ada dua versi yang berbeda atas kejadian ini. Versi tim KKJ menyatakan adanya dugaan keterlibatan oknum TNI dan terkait dengan pemberitaan perjudian di rumah oknum TNI tersebut. Sedangkan versi lain menyebutkan, bahwa kebakaran itu lantaran ada ceceren bensin di rumah korban dan kemudian menyulut bara api. Kebetulan rumah korban memang berjualan bensin eceran," ujar Ninik.

Atas kejadian itu, Dewan Pers meminta Kapolri bersama Kapolda Sumut membentuk tim penyeledikan yang bersikap adil dan imparsial dalam mengusut kasus ini. Dewan Pers juga akan membentuk tim investigasi bersama yang melibatkan aparat dan unsur jurnalis atau KKJ.

Topik Menarik