Puan Akui PDIP Pertimbangkan Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

Puan Akui PDIP Pertimbangkan Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

Nasional | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 15:53
share

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengaku bahwa partainya tertarik untuk mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hal ini dikatakan Puan menanggapi soal nama Anies yang kini digadang-gadang tengah dipertimbangkan PDIP untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta 2024-2029.

"Menarik juga pak Anies," kata Puan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

 BACA JUGA:

Di Pilgub Jakarta, kata dia, PDIP masih mencermati apakah nantinya akan mengusung kadernya untuk maju sebagai calon gubernur atau mempertimbangkan tokoh di luar partai. Puan mengisyaratkan jika partainya tak mau memaksakan kehendak.

"Ya harus realistis bagaimana melihat situasi di lapangan. Karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda, ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," ujarnya Ketua DPR RI ini.

Oleh karena itu, saat ini PDIP juga akan menjalin komunikasi dengan partai politik lain dalam rangka menentukan bersama siapa yang akan diusungnya nanti.

"Kita partai politik, khususnya PDIP siap bekerjasama dengan siapapun, khususnya setelah melihat peta lapangannya seperti apa," pungkasnya.

 BACA JUGA:

Selama ini elektabilitas Anies Baswedan masih sangat tinggi di DKI Jakarta. Ia pernah menjadi gubernur Jakarta periode 2017–2022 lalu jadi calon presiden di Pilpres 2024, tapi kalah dari pasangan Prabowo-Gibran yang didukung Jokowi.

Pada Pilgub 2017, Anies menang mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kini jadi kader PDIP.

Sejauh ini ada beberapa nama digadang-gadang sedang dipersiapkan maju Pilgub Jakarta 2024. Selain Anies, ada Ridwan Kamil, Tri Rismaharini alias Risma, Ida Fauziah, dan lainnya.

Topik Menarik