Perindo Konsisten Dukung Pemberdayaan UMKM untuk Tingkatkan Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Perindo Konsisten Dukung Pemberdayaan UMKM untuk Tingkatkan Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Nasional | okezone | Sabtu, 29 Juni 2024 - 11:45
share

JAKARTA - Geliat pertumbuhan ekonomi Indonesia dipandang selama ini berdiri karena ditopang oleh perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sekitar 64 Juta pelaku UMKM yang tercatat oleh KemenkopUKM, dinilai dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua DPP Perindo Bidang Pendidikan dan Pembangunan Manusia, Agus Taufiq menjelaskan posisi UMKM ini bagi perekonomian bangsa tidak boleh dianggap remeh. Selain berperan sebagai motor kesejahteraan Indonesia, Agus memandang UMKM juga memiliki peran kontribusi aktif bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Perindo melihat UMKM ini kan motor kesejahteraan masyarakat ya, menyerap banyak tenaga kerja. Kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional juga besar, sekitar 60,5 setiap tahunnya," ujar Agus saat dihubungi, Sabtu (29/6/2024).

 BACA JUGA:

Agus melanjutkan, pengembangan UMKM ini perlu dilakukan lantaran memiliki potensi besar dalam mensejahterakan masyarakat. Dia bahkan sampai menyebutkan, jika UMKM maju, maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga akan ikut meningkat karena berjalan beriringan dengan pertumbuhan ekonomi bangsa.

"Artinya UMKM saat ini sangat potensial untuk dikembangkan sehingga bisa berkontribusi lebih besar lagi bagi perekonomian bangsa," terang Agus.

Maka dari itu, Juru Bicara Partai Perindo ini menekankan mengapa sikap Perindo yang konsisten mendukung UMKM sampai saat ini. Sikap tersebut, lanjut Agus, dapat dilihat dengan imej partainya yang sudah terkesan identik dengan UMKM melalui gerobak Perindo.

"Karena itu lah Perindo sangat peduli dengan UMKM, bahkan selama ini Perindo identik sebagai partai yang konsisten membantu UMKM, melalui gerobak UMKM Perindo dan bantuan lainnya," tegas Agus.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Hukum Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Ary Zulfikar menilai UMKM akan tumbuh seiring dengan Ekonomi Indonesia.

 BACA JUGA:

"Pertumbuhan ekonomi kita cukup menggembirakan pada tahun 2023. Di tengah ketidakpastian yang masih dirasakan oleh negara-negara Eropa dan Amerika akibat pasca pandemi, Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,” ujar Ary yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), Minggu (7/1/2024).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi ini turut disumbangkan oleh sektor UMKM. Hal ini terlihat dari kontribusi UMKM terhadap pembentukan PDB mencapai 61,1 per tahun.

Meskipun sempat mengalami penurunan, lanjut Azoo, UMKM tetap bertahan dan menerima berbagai kebijakan untuk mempermudah operasional mereka selama masa pandemi.

Topik Menarik