Bolivia Kembali Normal Paska Kudeta Militer yang Gagal

Bolivia Kembali Normal Paska Kudeta Militer yang Gagal

Global | okezone | Jum'at, 28 Juni 2024 - 11:00
share

BOLIVIA - Presiden Bolivia Luis Arce pada Kamis (27/6/2024) malam berusaha meyakinkan masyarakat, dengan mengatakan segalanya telah kembali normal.

Arce juga diketahui segera melantik panglima militer baru. Penjual warung pinggir jalan Antonia, yang menyaksikan kejadian pada Rabu (26/6/2024) di alun-alun dekat tempat dia bekerja, mengatakan kawasan itu tenang pada Kamis (27/6/2024).

"Semuanya berjalan seperti hari biasa. Ada beberapa orang yang datang untuk melakukan protes lebih awal," katanya kepada Reuters sambil mengemas permainan dan puzzle yang dia jual.

Menurut duta besar Bolivia, seruan semakin keras pada Kamis (27/6/2024) untuk meminta pertanggungjawaban atas upaya kudeta, yang melibatkan sekitar 200 perwira militer.

“Saya mendesak pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan menyeluruh dan tidak memihak terhadap tuduhan kekerasan dan laporan korban cedera,” kata Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk.

"Mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban,” lanjutnya.

Panglima militer yang dituduh pimpin kudeta, Juan Jose Zuniga baru-baru ini mengatakan Morales tidak boleh mencalonkan diri lagi sebagai presiden dan mengancam akan menghalanginya jika dia mencoba mencalonkan diri.

Menteri Dalam Negeri Eduardo del Castillo mengatakan komandan tersebut telah diberitahu pada Selasa (25/6/2024) malam bahwa dia akan dicopot dari jabatannya karena tindakannya tidak sejalan dengan Konstitusi.

Topik Menarik