Hamas Ungkap Dermaga AS di Gaza Bisa untuk Pasok Senjata ke Israel

Hamas Ungkap Dermaga AS di Gaza Bisa untuk Pasok Senjata ke Israel

Global | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 18:45
share

Gerakan Perlawanan Islam Palestina Hamas memperingatkan dermaga terapung Amerika Serikat (AS) di pantai Jalur Gaza menyesatkan dunia dengan klaim untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

Hamas menegaskan, Dermaga ini dimaksudkan untuk memberikan dalih atas dukungan Washington terhadap negara pendudukan (Israel) dengan senjata.

Dermaga tersebut, menurut Hamas, belum memberikan kontribusi signifikan dalam meringankan krisis kemanusiaan di Gaza.

Pembicaraan internasional dan regional tentang pemberian bantuan tidak berdampak nyata terhadap kelaparan di Jalur Gaza. Tuntutan dasarnya tetap dibukanya seluruh penyeberangan darat ke Jalur Gaza dan masuknya seluruh kebutuhan dasar bagi warganya, tegas Hamas.

Sebelumnya pada Rabu (29/5/2024), gerakan tersebut menyatakan, Kecaman keras terhadap pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengabaikan pembantaian mengerikan yang dilakukan tentara pendudukan Israel terhadap pengungsi Palestina di kota Rafah di Jalur Gaza selatan.

Hamas mengkritik klaim juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS bahwa Israel belum melewati garis merah yang ditetapkan Presiden Biden.

Pernyataan ini mencerminkan ketidakpedulian pemerintah AS terhadap nyawa warga sipil (Palestina) dan keterlibatannya dalam pembunuhan mereka, terutama dengan munculnya penyelidikan awal yang menunjukkan bom yang digunakan terhadap warga sipil yang mengungsi adalah buatan Amerika, ungkap pernyataan Hamas.

Hamas menganggap pemerintah AS dan pasukan pendudukan Israel bertanggung jawab bersama atas pembantaian mengerikan tersebut dan menyerukan diakhirinya standar ganda, dan diakhirinya partisipasi AS dalam pembunuhan warga Palestina.

Israel terus melancarkan serangan gencarnya terhadap Rafah, yang dipenuhi warga sipil yang mengungsi.Tindakan barbar Israel itu bertentangan dengan perintah Mahkamah Internasional untuk menghentikan serangan tersebut.

AS menjadi pemasok utama persenjataan yang digunakan Israel untuk membantai warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Israel telah membunuh lebih dari 36.000 warga Palestina di Gaza. Sebagian besar korban tewas adalah wanita dan anak-anak.

Topik Menarik