Koleksi 3 Brevet Mayjen Izak Pangemanan si Ahli Terjun Bebas

Koleksi 3 Brevet Mayjen Izak Pangemanan si Ahli Terjun Bebas

Nasional | okezone | Jum'at, 28 Juni 2024 - 05:45
share

JAKARTA – Mayor Jenderal (Mayjen) Izak Pangemanan merupakan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih. Ia sebelumnya Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. 

Penunjukannya sebagai Pangdam Cendrawasih sesuai dengan Keputusan Panglima TNI No Kep/426/IV/2023 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Mayjen Izak memiliki segudang pengalaman dan keahlian dalam dunia militer, yang ditunjukkan melalui beberapa brevet yang ia miliki.

Berikut tiga brevet yang dimiliki Mayjen Izak:

1. Brevet Free Fall

Brevet ini diberikan kepada perwira TNI yang telah menyelesaikan kursus terjun bebas (Free Fall) selama 1,5 bulan. Kursus ini mencakup pengetahuan alat dan kelengkapan free fall, teknik melipat payung, teknik keluar pesawat, teknik melayang, teknik kemudi/mendarat, serta aplikasi penerjunan dengan teknik HAHO/HALO.

2. Brevet Jump Master

Brevet ini menunjukkan bahwa Mayjen Izak telah berperan sebagai jump master, yang bertugas mengontrol jalannya penerjunan. Seorang jump master harus memiliki kemampuan dalam teknik pelipatan parasut, teknik spotting, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudi, teknik pattern, teknik pendaratan, dan prosedur darurat.

Topik Menarik