Hasil Analisis Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang Sudah Dibahas Pimpinan KPK

Hasil Analisis Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang Sudah Dibahas Pimpinan KPK

Nasional | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 20:04
share

JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah melakukan rapat terkait dengan hasil analisis klarifikasi dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi yang menyeret nama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Rapat dilakukan setelah Direktorat Gratifikasi KPK rampung meenganalisis klarifikasi Kaesang dan menyampaikannya kepada pimpinan KPK.

“Untuk rapat pimpinan terkait hal tersebut informasinya sudah dilakukan,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan Selasa (24/9/2024).

Namun, kata Tessa, hingga saat ini laporan hasil analisis klarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi yang menyeret nama Kaesang masih proses administrasi. “Informasi terakhir yang kami terima, masih ada proses administrasi yang belum selesai dan sementara berjalan untuk nota dinas diajukan ke pimpinan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kaesang mendatangi Gedung KPK untuk mengklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu bersama sang istri, Erina Gudono. Kaesang mengaku jet pribadi yang ditumpanginya merupakan milik temannya.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa 17 September 2024.

 

Kendati begitu, Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tak menyebutkan sosok dari rekannya tersebut. "Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detilnya dan lebih lanjutnya," ujarnya.

Gegara penggunaan jet pribadi, Kaesang dianggap menerima gratifikasi. Berawal dari hebohnya jagat media sosial terkait Kaesang dan istrinya Erina Gudono yang disinyalir menyewa jet pribadi mewah saat plesiran ke Amerika Serikat.

Postingan ini lantas mengundang rasa penasaran netizen. Warganet menduga Kaesang dan Erina menyewa pesawat jet pribadi mewah. Hal ini terlihat saat Erina memamerkan view jendela pesawatnya.

Topik Menarik