Jajar Kehormatan Paspampres Lepas Paus Fransiskus Menuju Papua Nugini

Jajar Kehormatan Paspampres Lepas Paus Fransiskus Menuju Papua Nugini

Nasional | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 10:18
share

JAKARTA - Paus Fransiskus dilepas oleh jajar kehormatan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat (6/9/2024).

Jajar kehormatan oleh Paspampres ini dilakukan di bawah Pesawat Garuda Indonesia yang akan membawa Paus Fransiskus dari Indonesia menuju Papua Nugini. Diperkirakan Paus Fransiskus akan tiba di Bandar Udara Port Moresby pada pukul 18.50 waktu setempat.

Pasukan Paspampres ini telah siap memberikan jajar kehormatan kepada Paus Fransiskus sejak pukul 09.55 WIB. Mereka tampak gagah dengan mengenakan seragam berwarna merah hitam lengkap dengan topi dan senjata di tangan.

 

Pelepasan ini merupakan rangkaian protokoler dan telah sesuai tugas dan fungsi Paspampres yang bertugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Pemerintahan beserta keluarganya.

Diketahui, Paus Fransiskus merupakan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia sekaligus memimpin Vatikan. Saat ini, Paus Fransiskus melakukan tur Asia-Pasifik dimulai dari Indonesia sejak 3 September lalu.

Setelah kunjungan apostoliknya di Indonesia, Paus Fransiskus melanjutkan perjalanan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari tanggal 6 hingga 9 September 2024, kemudian di Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024. 

Topik Menarik