Peristiwa 25 Agustus: Washington DC Dibumihanguskan Pasukan Inggris

Peristiwa 25 Agustus: Washington DC Dibumihanguskan Pasukan Inggris

Nasional | okezone | Minggu, 25 Agustus 2024 - 05:30
share

SEJUMLAH peristiwa atau momen terjadi pada tanggal 25 Agustus. Beberapa momen yang terjadi pada 25 Agustus tercatat menjadi sejarah yang mendunia sepanjang perjalanan hidup manusia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi tepat pada 25 Agustus dari tahun ke tahun. Berikut peristiwa atau momen yang terjadi pada 25 Agustus yang ditilik Okezone dari berbagai sumber :

1. Washington DC Dibumihanguskan Pasukan Inggris

Pada 25 Agustus 1814, Pasukan Inggris membakar Kota Washington DC. Pembakaran tersebut merupakan buntut perang perang tahun 1812 antara Britania Raya (Inggris) dengan Amerika Serikat.

Awalnya, pasukan Inggris berhasil mengalahkan tentara Amerika Serikat pada Perang Bladensburg pada 24 Agustus 2019. Keesokan harinya, atau pada 25 Agustus, pasukan Inggris membakar sejumlah gedung publik di Amerika Serikat termasuk Gedung Putih atau istana kepresidenan Amerika Serikat.

Tentara Britania Raya juga membakar gedung dan fasilitas militer serta kapal perang USS New York, Columbia, dan Premethus. Serangan ini juga dilancarkan sebagai balasan atas tindakan Amerika dalam Serbuan Port Dover.

2. Revolusi Belgia di Kota Brussels

Revolusi Belgia terjadi pada 25 Agustus 1830. Saat itu, orang-orang kerajaan Belanda di bagian selatan menuntut pemisahan diri. Revolusi Belgia diawali dengan kerusuhan di Kota Brussels.

Revolusi Belgia berlangsung hingga 21 Juli 1831 dan berakhir dengan kemenangan pemberontak Belgia atas Belanda. Dengan kemenangan itu, terbentuklah Kerajaan Belgia yang merdeka.

3. Gempa M 7,3 Guncang Tiongkok, 9.000 Orang Tewas

Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala richter mengguncang wilayah Diexi, Mao, Szechwan, Tiongkok, pada 25 Agustus 1939. Gempa tersebut merupakan salah satu yang terbesar di Tiongkok.

Akibat bencana gempa bumi tersebut, sekira 9.000 orang tewas dan 1.925 lainnya luka-luka.

4. Pasukan Sekutu Bebaskan Kota Paris dari Jerman

Pasukan sekutu yang terdiri dari Prancis dan Amerika Serikat berhasil menguasai Kota Prancis pada 25 Agustus 1944. Saat itu, pasukan sekutu berhasil membebaskan Kota Paris di Prancis dari cengkeraman Jerman.

Paris sendiri sebelumnya diduduki oleh Jerman selama lebih dari empat tahun. Atas kemenangan Sekutu itu, pemerintahan Prancis kembali berpusat di Paris setelah sebelumnya Prancis sempat membentuk pemerintahan darurat yang berpusat di London, Inggris.

Pembebasan Kota Prancis dari cengkraman Jerman diawali dengan pertempuran selama enam hari sejak 19 Agustus 1944 hingga 25 Agustus. Pertempuran tersebut merupakan bagian dari Perang Dunia ke 2.

Pertempuran tersebut dimenangkan oleh pihak sekutu. Sebanyak 3.200 pasukan Jerman tewas dan 12.600 menjadi tahanan. Sedangkan pihak sekutu, sebanyak 1.600 pemberontak Prancis tewas.

5. Republik Belarusia Merdeka

Belarusia meraih kemerdekaan penuh pada 25 Agustus 1991. Sebelum merdeka, Belarusia merupakan negara yang tergabung dengan Uni Soviet sejak 1939.

Sebelum bergabung dengan Uni Soviet, Belarusia adalah negara merdeka sejak 1918. Sebelum 1918, Belarusia adalah bagian dari Kerajaan Lituania dan Kekaisaran Rusia.

6. Manusia Pertama di Bulan, Neil Armstrong Tutup Usia

Pria yang dikenal luas sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, Neil Alden Armstrong, meninggal dunia di Columbus, Ohio, Amerika Serikat (AS) pada 25 Agustus 2012. Dia meninggal di usia 82 tahun. Armstrong meninggal karena beberapa penyakit yang ia derita.

Semasa hidupnya, nama Neil Armstrong menjadi terkenal setelah melakukan pendaratan di Bulan bersama dua astronot lainnya, Michael Collins, dan Buzz Aldrin, pada 1966.

Topik Menarik