7 Senior Golkar Usul Jokowi Jadi Ketum, Waketum: Munas Forum Tertinggi 

7 Senior Golkar Usul Jokowi Jadi Ketum, Waketum: Munas Forum Tertinggi 

Nasional | okezone | Selasa, 20 Agustus 2024 - 17:07
share

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar , Ahmad Doli Kurnia turut merespons surat berisi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju menjadi Calon Ketua Umum Partai Golkar yang diusulkan oleh tujuh senior Golkar. Mereka adalah Mohammad Aly Yahya, Ridwan Mukti, Antony Zeidra Abidin, Ridwan Hisyam, Musfihin Dahlan, Agusman Effendi, serta Riswan Tony.

Menurutnya, setiap kader bisa usulkan siapapun untuk menjadi pimlinan partak dalam forum Musyawarah Nasional (Munas).

"Ya Musyawarah Nasional ini kan forum tertinggi ya. Forum tertingginya keluarga besar Partai Golkar. Jadi semua keluarga besar Partai Golkar itu yang merasa bagian, ya itu punya hak untuk menyampaikan aspirasinya gitu. Ya termasuk senior-senior itu," kata Doli saat ditemui di area Munas XI Golkar di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2023).

Doli menegaskan, tak ada larangan bagi kader untuk menyampaikan usulan figur yang bisa menjadi Ketua Umum Golkar. Namun, usulan itu harus mendapat persetujuan dari para peserta Munas yang hadir.

"Saya kira ya, kalau ada yang mengusulkan A, mengusulkan B gitu, saya kira itu tidak dilarang ya dalam forum ini, dalam forum Musyawarah Nasional ini. Tinggal apakah nanti kemudian itu nanti bisa masuk, ditangkap oleh peserta Munas, karena nanti yang menetapkan peserta Munas," kata Doli.

Saat disinggung perihal kans bakal ubah AD/ART, Doli mengatakan hal itu bisa terjadi dalam Munas. Pasalnya, forum itu memiliki kewenangan untuk merubah AD/ART.

"Munas itu salah satu kewenangannya adalah bisa merubah AD/ART. Nanti tergantung dari kesepakatan peserta Munas," tandasnya.

Sebelumnya, beredar surat berisi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju menjadi Calon Ketua Umum Partai Golkar.

Surat itu ditandatangani 7 politikus senior Golkar. Saat dikonfirmasi, Musfihin Dahlan, salah satu politikus Golkar yang menandatangani membenarkan adanya surat tersebut. Mengenai alasan mengapa meminta Jokowi maju sebagai Caketum Golkar, dia menyebut surat itu bersifat tertutup.

Senada dengan Musfihin, Mohammad Aly Yahya juga membenarkan dirinya ikut menandatangani permintaan agar Jokowi maju menjadi Caketum Partai Golkar.

Isi surat tersebut meminta kesediaan Jokowi menjadi Ketua Umum Golkar dan akan disahkan dalam forum Munaslub.

Kami memohon keikhlasan dan kesediaan yang terhormat Bapak Ir H Joko Widodo untuk kiranya berkenan menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar masa bakti 2024-2029 yang akan ditetapkan dan disahkan dalam forum Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar 2024, demikian bunyi surat tersebut.

Topik Menarik