Begini Suasana Upacara 17 Agustus di Tempat Elevasi Tertinggi di Indonesia, Pecahkan Rekor MURI!

Begini Suasana Upacara 17 Agustus di Tempat Elevasi Tertinggi di Indonesia, Pecahkan Rekor MURI!

Nasional | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 08:04
share

PAPUA – PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI). Tema Upacara dan Perayaan HUT ke-79 RI di PTFI adalah “Pertambangan Hulu Hilir untuk Indonesia Maju”.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, tema HUT ke-79 RI menggambarkan PT Freeport Indonesia yang telah menjadi perusahaan tambang tembaga terintegrasi dari hulu hingga hilir.  Serta mewujudkan tujuan nasional mengelola sumber daya alam mineral sepenuhnya di dalam negeri.

“Freeport Indonesia akan terus mengisi kemerdekaan dengan semangat juang untuk terus beroperasi dan berkontribusi,” ujar Tony Wenas, Sabtu (17/8/2024).

Tony Wenas yang didapuk sebagai Inspektur Upacara melanjutkan, upacara di PTFI dilaksanakan di 4 lokasi, 3 provinsi secara serentak, yaitu Papua, Jawa Timur dan DKI Jakarta dengan ribuan peserta. Upacara HUT ke-79 RI ini meraih Rekor MURI untuk Upacara HUT RI di lokasi dengan Elevasi Tertinggi.

“Bagi PT Freeport Indonesia, ini menjadi upacara yang ke-51 sejak pertama diselenggarakan pada tahun 1973 di Tembagapura,” ungkapnya.

“Upacara di area PT Freeport Indonesia (PTFI) Tembagapura (08.45 WIT) dilakukan secara bersamaan dengan upacara Smelter Gresik (06.45 WIB),”ucapnya.

Hal ini menggambarkan saat ini PTFI sudah beroperasi secara terintegrasi dari hulu (proses penambangan dan pengolahan) di Tembagapura hingga hilir (proses pemurnian) di Smelter Gresik, Jawa Timur. Secara bersamaan upacara juga berlangsung di Alun-alun Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah, dan Kantor PTFI di Jakarta.

 

Dikatakannya, Putra-putri terbaik bangsa di Freeport Indonesia akan terus menjalankan produksi yang aman dan berkelanjutan sebagai bagian dari semangat mengisi kemerdekaan.

“Freeport Indonesia juga berkomitmen menjalankan operasi pertambangan dari hulu hingga hilir untuk berkontribusi pada negeri,” pungkasnya.

Upacara Pengibaran Bendera ditutup dengan penampilan spesial Tarian Nusantara yang dipersembahkan oleh 140 karyawan dan karyawati PTFI mewakili berbagai Divisi dan Paguyuban Kedaerahan yang ada di PTFI.

Tarian Nusantara menjadi gambaran Kota Tembagapura yang merepresentasikan Indonesia dengan menampilkan Tarian daerah mulai dari Sabang sampai Merauke.

Semarak pesta kemerdekaan RI sudah berlangsung sejak pertengahan tahun ini ditandai dengan diselenggarakannya berbagai perlombaan dan kompetisi antar divisi dan antar karyawan. Diantaranya ada Olimpiade Tembagapura dan Freeport Got Talent.

Topik Menarik