Megawati hingga Jusuf Kalla Akan Hadiri Sidang Tahunan MPR, SBY Absen

Megawati hingga Jusuf Kalla Akan Hadiri Sidang Tahunan MPR, SBY Absen

Nasional | okezone | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 08:05
share

JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan hadiri Sidang Tahunan DPR/MPR/DPD di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar. Selain Megawati, Indra berkata, Wapres ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla hingga Wapres ke-6 Try Sutrisno akan hadiri sidang tahunan itu.

"Sudah mantan Presiden dan Wakil Presiden itu yang hadir itu Megawati tadi pagi konfirmasi hadir, kemudian Balak Try Sutrisno, Pa Jusuf Kalla, Pak Budiono yang hadir," kata Indra saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

Sementara itu, Indra berkata, Presiden ke-5 RI Susilk Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan tak bisa hadir sidang tahunan. "Pak SBY nggak hadir," tuturnya.

Dengan demikian, Sidang Tahunan DPR/MPR/DPD ini menjadi momentum kali pertama Megawati dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu usai Pilpres 2024. Dalam Pilpres 2024, diketahui hubungan Megawati dan Jokowi sempat renggang.

Lebih lanjut, Indra berkata, pihaknya tak mengundang wapres terpikih Gibran Rakabuming Raka lantaran keterbatasan tempat. Namun, presieen terpilib Prabowo Subianto diundang dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Jadi untuk presiden terpilih dan wapres terpilih secara formil tidak kami undang mengingat keterbatasan-keterbatasan," kata Indra.

"Hari ini tata letak kursi bebeda dari tahun-tahun sebelumnya, di panggung utama itu hanya ada presiden wapres dan pimpinan sidang Ketua MPR DPR DPD," imbuhnya.

Sidang Tahunan 2024 akan terdiri dari tiga agenda yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. Di agenda ini, Presiden Jokowi akan menyerahkan Pengantar Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

Topik Menarik