Gempa M4,6 Guncang Bumi Kalimantan, Masyarakat Diimbau Tenang

Gempa M4,6 Guncang Bumi Kalimantan, Masyarakat Diimbau Tenang

Nasional | okezone | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 18:26
share

JAKARTA - Terjadi gempa bumi pada Sabtu, 10 Agustus 2024 pukul 16:20:23 WITA, wilayah Tarakan, Kalimantan Utara diguncang gempa bumi tektonik.

Berdasarkan Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.8 LU dan 117.74 BT, atau tepatnya berlokasi 63 km Tenggara TARAKAN-KALTARA pada kedalaman 11 km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya mengatakan bahwa gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Aktif. Meski begitu tidak terjadi dampak kerusakan dalam kejadian tersebut.

"Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Tarakan, Tanjung Selor, Berau, Kab. Tana Tidung dengan intensitas III-IV MMI (*Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut,"kata Tony dalam keterangannya, Sabtu (10/8/2024).

Adapun hingga hari Sabtu, 10 Agustus 2024 pukul 16:35:1 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Terakhir dia memberi Rekomendasi agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggungjawabkan.

"Kepada masyarakat di wilayah Tarakan dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,"tuturnya.

Topik Menarik