Sikap PAN soal Bima Arya Mundur dari Bursa Cagub Jabar

Sikap PAN soal Bima Arya Mundur dari Bursa Cagub Jabar

Nasional | okezone | Kamis, 8 Agustus 2024 - 13:03
share

JAKARTA - Partai Amanat Nasional ( PAN ) angkat bicara soal keputusan mantan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang memutuskan untuk mundur dalam pencalonannya pada Pilkada Jawa Barat 2024. Keputusan itu diambil usai Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat untuk mengusung Dedi Mulyadi sebagai Cagub.

Diketahui, besar kemungkinan pendamping Dedi Mulyadi sendiri akan diserahkan kepada Partai Golkar untuk dapat menyodorkan nama.

Soal keputusan Bim Arya itu, Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno menyampaikan bahwa elite partainya akan duduk bersama untuk membahas perihal sikap yang diambil Bima Arya tersebut.

"Kita akan duduk bersama, kita akan rumuskan kira-kira apa langkah selanjutnya untuk kader-kader kita, tidak hanya Kang Bima tetapi juga kader-kader yang lain, kader-kader yang terbaik yang ada," kata Eddy kepada wartawan, Kamis (8/8/2024).

Wakil Ketua Komisi VII DPR itu tak mengatakan bahwa partainya tetap mengharapkan kader-kader yang memiliki kapasitas dan loyalitas seperti Bima Arya bisa tetap melakukan pengabdian di tengah masyarakat.

"Kita akan formulasikan untuk kader-kader PAN yang memiliki kapasitas dan loyalitas yang tinggi, untuk nanti mereka kita persiapkan langkah selanjutnya untuk melakukan pengabdian di masyarakat," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Bima Arya Sugiarto mundur dari bursa bakal calon gubernur (Bacagub) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024. Keputusan itu diambil menyusul Koalisi Indonesia Maju (KIM) disebut sepakat mengusung Dedi Mulyadi sebagai Bacagub Jabar.

Dua hari lalu, Bima menghadiri pertemuan di mana pada pertemuan itu, Ketua Umum menyampaikan keputusan dari PAN. Sebagai anggota dari KIM, PAN mendukung penuh keputusan KIM pencalonan Dedi Mulyadi sebagai Bacagub Jabar.

"Tentu sejak awal saya sudah sampaikan bahwa apabila partai memerintahkan bergerak kita bergerak, maju maju, kanan kanan. Tapi kalau partai meminta tidak melanjutkan saya akan samina waatona dengan pasti dan ikuti. Saya sampaikan pada saat ini bahwa Insya Allah saya mendukung penuh keputusan pimpinan PAN dalam barisan KIM, mendukung penuh Kang Demul menjadi gubernur Jabar," ujarnya.

Topik Menarik