Kartini Perindo Siap Kawal Kesetaraan Gender di Indonesia

Kartini Perindo Siap Kawal Kesetaraan Gender di Indonesia

Nasional | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 09:19
share

Pengurus DPP Kartini Perindo Ike Suharjo mengatakan siap mengawal keadilan dan kesetaraan gender di Indonesia. Salah satunya aktif dalam Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI).

Menurut dia, KPPI merupakan suatu wadah yang sangat penting bagi perempuan di seluruh Indonesia khususnya untuk mengawal keadilan dan kesejahteraan gender setiap kebijakan ataupun dalam undang-undang.

"Harapan saya sebagai Kartini Perindo tidak hanya DPP dan juga perwakilan Perindo dari DPW Bali, kami terus aktif dalam KPPI. Kami akan terus berjuang mengawal menyuarakan aspirasi perempuan-perempuan Indonesia, ujar Ike usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Kartini Perindo dalam KPPI juga ikut melobi unsur dan komisi agar pimpinan legislatif diisi 30 persen keterwakilan perempuan. Hal ini supaya perempuan dapat aktif di Senayan/DPR menyuarakan berbagai kepentingan perempuan di Indonesia.

"Jadi tidak hanya sekadar duduk saja di legislatif tapi bagaimana mereka menyuarakan dan mengawal sampai ke kebijakan undang-undang itu keluar yang tentunya pro terhadap perempuan," katanya.

"Kita akan lobi bagaimana dari setiap kebijakan undang-undang itu ada keterwakilan perempuan dan properempuan Indonesia," tambahnya.

Rakernas KPPI merupakan momentum evaluasi dari keterwakilan perempuan dalam Pilpres dan Pileg 2024. Sehingga merupakan isu penting yang dibahas sebagai evaluasi dan sebagai materi rumusan program KPPI ke depan.

KPPI merupakan wadah bagi perempuan Indonesia yang ingin bersatu memperjuangkan keadilan dan kesetaraan gender dalam politik di Indonesia. Maka itu, KPPI pasti akan berperan aktif dalam merumuskan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan undang-undang yang mengatur keterwakilan perempuan dalam politik.

Topik Menarik