Siapkan Pesaing Dedi Mulyadi, PDIP Pertimbangkan Ono Surono dan Rieke Diah Pitaloka di Pilgub Jabar

Siapkan Pesaing Dedi Mulyadi, PDIP Pertimbangkan Ono Surono dan Rieke Diah Pitaloka di Pilgub Jabar

Nasional | sindonews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 09:13
share

PDIP tengah mempertimbangkan kader internal untuk maju menjadi pesaing Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Setidaknya ada kader internal yang dipertimbangkan maju di Pilgub Jabar .

"Lalu kalau di Jabar tentu kita tahu ada kader-kader unggulan dari PDIP utamanya Mas Ono Surono yang Ketua DPD, ada juga Mbak Rieke Diah Pitaloka tentunya, dan ada nama lain yang masih kita cermati," ujar Chico saat dihubungi, Rabu (7/8/2024).

Seiring dengan itu, PDIP masih menjejaki komunikasi politik dengan partai lain. Ia melanjutkan PDIP ingin mengusung kader internal baik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur.

"Sehingga kami juga ingin dan sedang melakukan exercise, mensimulasikan nama-nama dan melihat kemungkinan-kemungkinan untuk siapa yang paling pas dan punya kans untuk menang bila kami usung dari internal," tutur Chico.

Kendati begitu, Chico menerangkan PDIP tak menutup pintu untuk menjalin kerja sama dengan partai lain. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya tak akan ngotot kader internalnya menjadi calon gubernur.

"Bisa juga jadi cawagub. Namun tentu ini masih belum kami tentukan terkait karena kita juga belum tentukan nama yang kita usung," terang Chico.

Sekadar informasi, partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus bersepakat mengusung Dedi Mulyadi alias Demul sebagai bakal Calon Gubernur Jawa Barat 2024-2029. Sementara bakal cawagub pendamping Demul akan diisi oleh tokoh dari Partai Golkar.

Sebagaimana diketahui pengusungan Dedi Mulyadi sebagai Bacagub Jawa Barat disebut telah mendapat restu dari Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa 1 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) Partai Golkar, MQ Iswara mengatakan bahwa ini hasil kesepakatan parpol dalam gabungan KIM.

"Seperti disampaikan Pak Airlangga ini merupakan hasil pembicaraan KIM yang akan menjadi Calon Gubernur Jabar Pak Demul dan wakilnya dari Partai Golkar," kata Iswara, Sabtu 3 Agustus 2024.

Dedi Mulyadi merupakan mantan Bupati Purwakarta yang saat ini menjabat anggota DPR. Dedi saat ini tercatat sebagai politikus Gerindra setelah keluar dari Golkar tahun lalu.

Topik Menarik