Gusti Bhre Sapa Warga dan Nikmati Jamu Beras Kencur Bersama

Gusti Bhre Sapa Warga dan Nikmati Jamu Beras Kencur Bersama

Nasional | badung.inews.id | Selasa, 6 Agustus 2024 - 15:30
share

SOLO, iNewsbadung.id - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau yang biasa disapa Gusti Bhre, sapa warga Kratonan RT 02/01, Kecamatan Serengan, Surakarta.

Dengan senyum ramah, Pengageng Mangkunegaran ini mengajak salam tos kepada anak-anak yang riang gembira menyambut Gusti Bhre.

Warga juga sangat antusias mengantri untuk berjabat tangan dan foto bersama Gusti Bhre.

Halo, dik, sehat semuanya ya, ini ada buku dan susu ya, sapa Gusti Bhre sumringah.

Sambil berjalan menyusuri perkampungan, Gusti Bhre bertemu salah seorang warga, Defaya, di mana salah satu matanya ditutup perban.

Sontak Adipati Mangkunegaran langsung menanyakan keadaan Defaya.

Habis operasi mata di Rumah Sakit Sarjito, Gusti, jawab Defaya.

Mendengar jawaban Defaya, Gusti Bhre pun mendoakan kesembuhan Defaya.

Saat menyapa warga yang didominasi anak-anak dan ibu-ibu yang sudah berbaris berjajar di jalan gang sempit Kratonan, kehebohan dan kehangatan sangat terasa.

Di tengah blusukan, Gusti Bhre pun membeli jamu beras kencur pada seorang penjual jamu keliling, Mbok Asri Wigati.

Itu tadi yang diunjuk Gusti, jamu beras kencur, buat stamina juga bagus, untuk mengurangi masuk angin dan tombo pahit, ujar Mbok Asri Wigati yang merasa bangga jamu racikannya diminum Adipati Mangkunegaran.

Perasaan saya ya bangga juga, bisa ketemu Gusti langsung, biasanya cuma bisa melihat di televisi. Ini bisa ketemu langsung, senang rasanya, ujar Mbok Asri Wigati tersenyum bahagia.

Silaturahmi yang dilakukan Senin (5/8/2024) ini, Gusti Bhre ditemani sejumlah anak muda yang tergabung dalam simpul relawan Gen Zolo.

Menurut Ivan Nurdiansyah, Ketua Umum Gen Zolo, silaturahmi ini dilakukan untuk mengetahui kondisi masyarakat di wilayah Kratonan secara langsung.

Ya, bersama Gusti Bhre, kita turun langsung ke masyarakat melihat kondisi yang ada ditemani sejumlah pemuda dari wilayah Kratonan," jawab Ivan Nurdiansyah.

Ditambahkan Ivan Nurdiansyah, blusukan ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang perlu dikembangkan dari Kota Solo.

Semoga tulisan tentang Gusti Bhre Sapa Warga dan Nikmati Jamu Beras Kencur Bersama, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik