Politisi Muda Yogyakarta Gelar Aksi Damai Tangkal Hoaks-Kampanye Hitam Pilkada Serentak 2024

Politisi Muda Yogyakarta Gelar Aksi Damai Tangkal Hoaks-Kampanye Hitam Pilkada Serentak 2024

Nasional | bandungraya.inews.id | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 13:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Puluhan politisi muda lintas partai menggelar aksi damai untuk menangkal politik uang, hoaks, dan kampanye hitam dengan membagikan suvenir dan selebaran di Tugu Golong Gilig Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu. Mereka mengajak masyarakat menciptakan Pilkada Serentak 2024 damai bersih dan berintegritas.

Kegiatan tema Dari Jogja Menjaga Demokrasi Indonesia itu diinisiasi oleh Nyala Litera Indonesia dan Forum Politisi Muda Indonesia (FPMI) DIY.

Dalam aksinya, para peserta membentangkan spanduk. Mereka mengajak masyarakat yang melintas di lokasi untuk mendukung aksi dengan membubuhkan tanda tangan pada sebuah spanduk sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga demokrasi di Pilkada Serentak 2024.

Para peserta aksi juga melakukan orasi informatif dan ajakan untuk menolak politik uang, kampanye hitam, dan hoaks. Mereka membagikan suvenir dan selebaran berisi pesan edukatif dalam bentuk infografis. Kegiatan diakhiri dengan deklarasi komitmen publik.

Ketua FPMI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Herry Fahamsyah MIP mengatakan, agenda aksi mengedepankan literasi politik dengan visi meningkatkan kesadaran dan kesiapan diri masyarakat dalam turut dan menciptakan Pilkada Serentak 2024 damai, bersih, dan berintegritas.

Aksi ini menghasilkan output jangka pendek berupa dokumen komitmen masyarakat (pemilih) dalam menciptakan pemilu yang damai, bebas, dan berintegritas," kata Herry.

Output tersebut, ujar Herry, dapat dgunakan pada masa mendatang dalam agenda lebih besar. "Seperti audiensi kepada pimpinan partai hingga mempengaruhi kebijakan publik, atau advokasi kebijakan, ujar Herry.

Topik Menarik