Kejaksaan RI Pertahankan Opini WTP, Komisi Kejaksaan Beri Pujian 

Kejaksaan RI Pertahankan Opini WTP, Komisi Kejaksaan Beri Pujian 

Nasional | medan.inews.id | Jum'at, 26 Juli 2024 - 20:50
share

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kejaksaan Republik Indonesia kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut atas laporan keuangan Kejaksaan RI tahun 2023.

Capaian opini WTP dari BPK ini membuat Kejaksaan RI berhasil membukukan prestasi dalam pengelolaan keuangan negara selama delapan tahun berturut-turut sejak 2016.

Komisi Kejaksaan Republik Indonesia memberikan apresiasi terhadap kinerja pengelolaan dan penggunaan anggaran Kejaksaan RI yang kembali memperoleh opini WTP dari BPK. Jaksa Agung ST Burhanuddin menuturkan, capaian WTP untuk Kejaksaan ini bukanlah pertama kalinya. Predikat WTP telah diperoleh delapan kali berturut-turut sejak tahun 2016.

"Pencapaian opini WTP dari BPK untuk Kejaksaan yang ke-8 kalinya merupakan hal yang patut diapresiasi. Ini menunjukkan konsistensi Kejaksaan RI dalam pengelolaan keuangan yang baik. Saya setuju dengan pandangan Bapak Jaksa Agung bahwa hal ini seharusnya menjadi standar kinerja, bukan sekadar prestasi," ujar Ketua Komisi Kejaksaan RI, Prof. Dr. Pujiyono Suwadi kepada wartawan, Kamis 25 Juli 2024.

Ketua Komisi Kejaksaan, Pujiyono Suwadi, menilai capaian itu merupakan momentum yang sangat baik untuk terus meningkatkan kinerja ke depan. Penilaian ini berhubungan erat dengan kemampuan pengelolaan keuangan anggaran negara yang akuntabel dan transparan.

"Saya berharap agar Kejaksaan RI dapat mendorong terciptanya pelayanan publik yang optimal di satuan kerja di daerah melalui pengawasan secara optimal terhadap penyelenggaraan berbagai urusan dalam pelayanan dan penegakan hukum yang profesional, berintegritas, dan berhati nurani," pesan Guru Besar Universitas Sebelas Maret ini.

Ketua Komisi Kejaksaan RI, Pujiyono Suwadi, memberikan apresiasi atas posisi Kejaksaan sebagai institusi yang dipercaya masyarakat. Tentunya, ini menjadi tantangan tersendiri untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja serta integritas.

"Terkait usulan agar Kejaksaan menjadi 'Panglima' dalam pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, saya rasa ini gagasan yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Begitu pula dengan penanganan kasus-kasus besar seperti tata niaga timah, kiranya perlu terus dikawal dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, mengenai himbauan Jaksa Agung ST Burhanuddin tentang integritas dan hidup sederhana, Komisi Kejaksaan menilai hal itu sangat relevan dan menjadi kewajiban insan Adhyaksa untuk menjalankannya.

"Mungkin perlu dipikirkan sistem dan keteladanan yang mendukung agar hal ini bisa diimplementasikan dengan efektif," usul Pujiyono Suwadi.

Topik Menarik