Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat, Bacaan Niat Beserta Doanya (Arab dan Artinya)

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat, Bacaan Niat Beserta Doanya (Arab dan Artinya)

Nasional | BuddyKu | Rabu, 15 Maret 2023 - 21:07
share

JAKARTA, iNews.id - Tata cara sholat witir 3 rakaat lengkap dengan bacaan niatnya penting muslim ketahui agar semakin afdhal dan khusyuk dalam beribadah di Bulan Ramadhan.

Sholat witir merupakan sholat sunnah pamungkas yang dikerjakan pada malam hari dengan jumlah rakaat ganjil.

Sholat dilaksanakan pada malam hari setelah shalat isya sampai terbitnya fajar atau waktu shalat subuh.

Dilansir dari Buku Fikih MTs Kelas VII, dalam Bulan Ramadhan, sholat witir biasanya dilaksanakan setelah shalat tarawih secara berjamaah. Sedangkan jumlah rakaatnya biasanya ada tiga dengan dua kali salam.

Sedangkan waktu pelaksanaan sholat witir di luar Bulan Ramadhan dapat disegerakan atau di akhirkan. Bagi orang yang khawatir sulit bangun malam dianjurkan menyegerakan dan bagi yang mudah terjaga dari tidurnya dianjurkan mengakhirkan di sepertiga malam.

Ustaz Saiyid Mahadir MA dalam bukunya Bekal Ramadhan dan Idul Fitri 3, Tarawih dan Witir menjelaskan, hukum sholat witir menurut jumhur ulama atau mayoritas ulama adalah sunnah muakkad. Dalil sholat witir yakni hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari. Rasulullah SAW pernah bersabda:

Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai yang ganjil. Maka kerjakanlah sholat witir wahai Ahli Alquran. (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Jumlah rakaat sholat witir menurut para ulama yakni sekurang-kurangnya 1 rakaat dan paling maksimal 11 rakaat. Sebelum menjalankan sholat witir 3 rakaat ada baiknya mengetahui bacaan niatnya sebagai berikut.

Niat Sholat Witir 3 Rakaat

Arab: (/)

Latin: Ushalli sunnatal witri tsalaatsa raka\'aatin makmuman/imaman lillahi Ta\'ala

Artinya: Aku berniat shalat witir dengan tiga rakaat pada saat ini sebagai imam/makmum hanya karena Allah Swt. .

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

Sholat witir 3 rakaat dikerjakan langsung dengan satu salam tanpa adanya duduk tasyahud awal atau disebut dengan cara washal (bersambung).

Cara seperti ini nyaris mirip dengan shalat Maghrib, kecuali bedanya ketika di dalam rakaat ketiga tetap disunnahkan untuk membaca ayat Al-Quran setelah membaca surat Al-Fatihah.

Cara tersebut didasarkan dari hadits berikut: Rasulullah SAW pernah shalat witir dengan lima rakaat tanpa duduk tahiyat kecuali di bagian akhir . (HR Muslim).

Adapun sholat witir 3 rakaat yang diamalkan madzhab Maliki dan Syafi\'i yakni lebih afdhal dikerjakan dengan dua kali salam. Yakni, dua rakaat lalu salam dan dilanjutkan dengan satu rakaat. Cara tersebut diiistilahkan dengan fashl (dipisahkan).

Dalilnya yakni hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad sebagai berikut: Dari Ibnu Umar radhiyallahu\'anhu berkata bahwa Nabi SAW memisahkan antara rakaat yang genap dengan rakaat yang ganjil dengan salam . (HR. Ahmad).

Cara tersebut diyakini dilakukan Sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar ibn Khattab, Utsman bin Affan dan para sahabat lainnya.

Urutan Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

1. Membaca Niat
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surat Al Fatihah
5. Membaca Surat Al A\'la pada rakaat pertama
6. Ruku dengan membaca tasbih 3 kali
7. I\'tidal
8. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali
9. Duduk di Antara Dua Sujud
10. Sujud kedua
11. Berdiri untuk mengulang rakaat kedua


12. Pada rakaat kedua setelah membaca Surat Al Fatihah dianjurkan membaca Surat Al Kafiun
14. Ruku
15. I\'tidal
16. Sujud
16. Duduk di antara dua sujud
17. Sujud kedua
18. Berdiri untuk mengulang rakaat ketiga
19. Pada rakaat ketiga setelah membaca Al Fatihah dianjurkan membaca surat pendek
20. Tasyahud Akhir
21. Salam

Dzikir Setelah Sholat Witir

Selepas shalat witir dianjurkan untuk membaca dzikir sebagai berikut:

x3

Artinya: Maha Suci Tuhan yang Maha Agung

3x

Artinya: Tuhan kami dan Tuhan malaikat dan semua nyawa

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Mulia. Suka memberi ampunan. Ampunilah kami, wahai Dzat yang Maha Mulia.

Doa Sholat Witir

Allahumma inni audzu biridhaoka min sakhotika wa bi muafaatika min uqubatik, wa audzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an alaik, anta kamaa atsnaita ala nafsik.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan ridha-Mu dari murka-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dengan ampunan-Mu dari hukuman siksa-Mu. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian atas-Mu sebagaimana pujian-Mu sendiri atas diri-Mu.

Doa Sholat Witir panjang:


.

Artinya: Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepadaMu iman yang tetap, kami memohon kepadaMu hati yang khusyu\', kami memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepadaMu keyakinan yang benar, kami memohon kepadaMu amal yang shaleh, kami memohon kepadaMu agama yang lurus, kami memohon kepadaMu kebaikan yang banyak, kami memohon kepadaMu ampunan dan afiat, kami memohon kepadaMu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepadaMu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu\'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Itulah ulasan tata cara sholat witir di Blan Ramadhan lengkap dengan bacaan niat, doa,

Wallahu A\'lam Bishshawab.

Topik Menarik