28 PO Bus Pakai Nama Daerah Menjadi Kebanggaan Warga, Ini Idola Busmania

28 PO Bus Pakai Nama Daerah Menjadi Kebanggaan Warga, Ini Idola Busmania

Nasional | BuddyKu | Minggu, 25 Desember 2022 - 16:57
share

JAKARTA, iNews.id Perusahaan Otobus (PO) tak akan sembarangan memberikan nama untuk armadanya. Banyak yang memilih menggunakan nama daerah tempat PO bus tersebut lahir atau pemiliknya.

Menggunakan nama daerah menjadi simbol kebanggaan bagi pemilik PO bus dan warga setempat. Ini juga ikut mengangkat citra kota kelahirannya.

PO bus mana yang menggunakan nama daerah dan menjadi idola busmania? Berikut deretan PO bus yang menggunakan nama daerah pada armadanya.

1. Bandung Express

width=560

PO Bandung Express merupakan salah satu yang melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). PO ini melayani perjalanan dari Bandung menuju beberapa daerah seperti Yogyakarta, Tegasl, Wonosari, Surabaya, Klaten, dan sebagainya.

Perusahaan yang menggunakan salah satu nama kota di Provinsi Jawa Barat ini juga menyediakan layanan bus pariwisata. Ini biasa digunakan oleh masyarakat Bandung untuk mengantar ke lokasi wisata dan perjalanan lainnya.

2. Surabaya Indah

width=560

Tak seperti PO Bandung Express yang berasal dari Bandung, PO Surabaya Indah merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). PO ini melayani perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di NTB.

3. Samarinda Lestari

width=560

Perusahaan yang berada di bawah naungan SLT 168 Group ini menggunakan salah satu nama daerah di Kalimantan Timur, yaitu Samarinda. PO Samarinda Lestari cukup populer dan memilikk trayek paling jauh di Kalimantan, yakni dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan, dengan rute Bontang-Samarinda, Balikpapan, hingga ke Banjarmasin.

4. Medan Jaya

width=560

PO Medan Jaya yang menggunakan salah satu nama kota di Sumatera Utara ini telah berdiri sejak 1998. Awalnya, perusahaan ini beroperasi di wilayah Medan dan sekitarnya, hingga melebarkan sayap hingga Pulau Jawa.

5. Surya Bali

width=560

Jika sering melakukan perjalanan dari Pulau Jawa menuju Bali dengan jalur darat, pasti sudah tak asing lagi dengan PO Surya Bali. Bus ini merupakan bagian dari Nik Suryana Group.

6. Bekasi Raya

width=560

PO Bekasi Raya menjadi perusahaan berikutnya yang menggunakan nama daerah di Jawa Barat untuk dipasangkan pada armadanya. PO ini menjadi salah satu yang menyediakan trayek antar pulau, khususnya Sumatera Selatan.

7. A.L.S

width=1080

PO A.L.S merupakan singkatan dari Antar Lintas Sumatera dan memiliki trayek paling jauh di Indonesia dengan rute Medan-Jember yang melewati 11 provinsi dengan memakan waktu perjalan 90 jam. PO ini menggunakan nama daerah asalnya, yaitu Sumatera.

8. Makmur dan Halmahera

PO Makmur menjadi salah satu perusahaan penyedia transportasi darat yang mengikuti jejak A.L.S dengan trayek Medan-Jakarta-Solo. Tapi trayek tersebut sudah tidak diaktifkan lagi karena minimnya peminat.

Makmur sendiri diambil dari salah satu kecamatan di Kabupaten Brewun Provinsi Naggroe Aceh Darussalam. Sementra PO Halmahera sendiri mengandung nama daru lima daerah, yaitu, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Halmahera Utara.

9. Kapuas Raya Express

PO Kapuas Raya Express sedang menjadi idola saat ini karena menawarkan layanan kelas premium. PO ini melayani perjalanan dari Kota Pontianak menuju Sintang, Melawi, serta Putusibau. PO ini mengandung nama daerah yang ada di Kalimantan Tengah, yaitu Kapuas, dan ibu kotanya adalah Kuala Kapuas Kota.

10. Jawa Indah

Menggunakan salah satu nama pulau di Indonesia, PO ini sempat berjaya di era 1990-an, khususnya di trayek trans Jawa dan Bali. Namun, PO yang berasal dari Surabaya ini mulai meredup namanya, dan beralih ke bidang ekspedisi.

11. Bali Perdana

PO Bali Perdana merupakan salah saru perusahaan penyedia layanan transportasi darat dengan menggunakan nama pulau yang terkenal dengan destinasi wisatanya itu. PO ini juga berasal dari Bangli, Bali, dan melayani dari Bangli menuji Denpasar, hingga ke Surabaya.

12. Malang Indah

Menggunakan salah satu nama kota di Jawa Timur, PO Malang Indah menyediakan layanan bus reguler dan juga pariwisata. Salah satu rute yang dilayani PO ini adalah Malang-Bali PP dan Blitar-Denpasar PP.

13. Cahaya Solo

Berikutnya ada PO Cahaya Solo yang berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan, yang melayani rute Makassar-Topoyo. Meski berbasis di Pulau Sulawesi, PO ini mengandung nama daerah di Jawa Tengah, yaitu Surakarta atau Solo.

14. Tri Star Melawi

PO Tri Star Melawi atau lebih dikenal TSM, berpusat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, ini menjadi operator bus pertama di wilayahnya. PO ini melayani rute Pontianak-Pinoh dan daerah sekitarnya PP. Nama Melawi merupakan salah satu daerah yang dilewati rute bus tersebut, yaitu Kabupaten Melawi provinsi Kalimantan Barat.

15. Jambi Transport

PO Jambi Transport atau Jatra merupakan sebuah perusahaan yang melayani trayek AKAP dan juga pariwisata di Sumatera Barat. Dari namanya jelas terlihat bahwa PO ini menggunakan nama daerah asalnya, yakni Jambi yang ada Sumatera Barat.

16. PO Luragung Jaya

PO Luragung Jaya merupakan salah satu operator bus yang cukup populer di Jawa Barat, khususnya Cirebon, Kuningan, dan daerah sekitarnya. Perusahaan ini menggunakan salah satu nama daerah di Kuningan, Jawa Barat, yaitu kecamatan Luragung.

17. Sinar Dempo

PO Sinar Dempo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat yang berdiri sejak 1974, di Pagar Alam, Sumatera Selatan. PO ini tergabung dalam konsorsium perusahaan AKAP Sanutra (Satu Nusa Transport) yang pernah melayani rute dari Banda Aceh menuju Denpasar, Bali, pada 1979.

PO Sinar Dempo menggunakan nama dari salah satu daerah asalnya, yaitu Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

18. Bone Indah Jaya

PO Bone Indah Jaya merupakan salah satu operator bus yang berkantor pusat di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Perusahaan ini melayani beberapa trayek, salah satunya dari Balikpapan menuju Samarinda PP. PO ini mengandung nama salah satu daerah yang ada di Sulawesi Selatan, yaitu Kabupaten Bone.

19. PO ATS

PO Aceh Transport Sanutra (ATS) merupakan salah satu operator bus asal Banda Aceh yang melayani beberapa perjalanan dari Aceh menuju Medan, hingga Bandung. Sesuai namanya, bus ini menggunakan nama dari daerah asalnya, yaitu Aceh.

20. Jepara Makmur

PO Jepara Makmur merupakan operator bus pariwisata seperti di Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan juga sebagian Pulau Sumatera. Bus ini menggunakan nama daerah basis pelayanannya, yakni Jepara yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

21. Jember Indah

PO Jember Indah juga menggunakan nama daerah basis pelayanannya, yaitu Kabupaten Jember yang ada di Jawa Timur. Perusahaan ini menyediakan layanan bus pariwisata untuk Pulau Jawa dan juga Bali.

22. Cahaya Bone

PO Cahaya Bone merupakan operator bus yang beroperasi di Sulawesi dan telah berdiri sejak 1952. Bus ini melayani perjalanan menuju beberapa daerah, seperti Palu, Manado, Gorontalo, Mamuju, Pare-Pare, Bulukumba, dan lain sebagainya.

23. Fajar Riau Wisatal

Perusahaan ini merupakan salah satu penyedia layanan transportasi bus reguler dan juga pariwisata. Untuk trayek reguler PO Fajar Riau Wisata melayani rute dari Dumai menuju Pekanbaru atau sebaliknya. PO ini mengandung nama daerah yang terletak di bagian pantai timur pulau Sumatera, yaitu Provinsi Riau.

24. PO Barito

PO Barito merupakan perusahaan yang menyediakan perjalanan pariwisata yang berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah. Perusahaan ini mengandung nama daerah yang ada di Kalimantan Tengah, yaitu Kabupaten Barito Timur.

25. Tegal Indah

PO Tegal Indah merupakan jasa transportasi darat yang bergerak di penyewaan bus pariwisata. Untuk layanan penyewaannya tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan juga Lombok. Sesuai dengan daerah asalnya, bus ini menggunakan nama salah satu kota di Jawa Tengah, yaitu Tegal.

26. Bali Radiance

PO Bali Radiance merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan bus pariwisata. Bus ini menggunakan nama dari daerah asalnya, yakni Provinsi Bali.

27. Bogor Indah

PO Bogor Indah merupakan salah satu perusahaan yang melayani trayek Bogor-Madium. Tapi, kabarnya perusahaan ini mulai redup. PO ini mengandung nama daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat, yaitu Bogor.

28. Putra Dewantara Ayu

Perusahaan satu ini merupakan yang memberikan pelayanan pariwisata yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. PO Putra Dewantara Ayu menggunakan salah satu nama yang ada di Kabupaten Aceh Utara, yaitu Kecamatan Dewantara.

Topik Menarik