Merasakan Nasi Kapau Bukittinggi di Pasar Senen yang Terkenal Itu, Gurihnya Maknyos!

Merasakan Nasi Kapau Bukittinggi di Pasar Senen yang Terkenal Itu, Gurihnya Maknyos!

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 2 September 2022 - 14:54
share

Ada perbedaan mendasar antara nasi kapau Bukittinggi dengan nasi padang pada umumnya. Namun nasi kapau memiliki cita rasa tersendiri jika dibandingkan masakan asal Minanglainnya. Paling tidak itu yang dirasakan pembelinya.

Selain cita rasa yang sangatmirip, tentu saja perbedaan mendasar kuliner ini berasal daerah NagariKapau, Bukittinggi. Racikannyamerupakan warisan cita rasa dariturun temurun.

"Kan ada nasi padang, nasi kapu . Pada dasarnya beda. Di Desa Kapau, ada orang-orang kapau yang jualan (nasi kapau) yang kemudian membawa warisan budaya kulinernya ke luar daerah," kata Lelo Syarifianna pemilik nasi kapau Bukittinggi Jalan Kramat Soka, Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, kepada Indozone, Jumat (2/9/2022).

Lelo didampingi suaminya Zulkadi, menjelaskan perbedaan nasi kapau dengan nasi padang ada pada menu yang disajikan.

Terutama pada sayuran. Ciri khas nasi kapau itu menurut Lelo ada pada sayuran, potongan nangka,kol dan kacang panjang yang dicampur.

Nasi kapau Bukittinggi di Jalan Kramat Soka Pasar Senen, Jakarta Pusat. (Indozone.id)
Nasi kapau Bukittinggi di Jalan Kramat Soka Pasar Senen, Jakarta Pusat. (Indozone.id)

"Kalau nasi padang sayuran yang disajikancukup hanya lauk kol, nangkaatau kacang panjang aja. Tapi nasi kapau mengkombinasikan ketiga saruan ini lalu dimasak gulai," kata Lelo.

Keunggulan nasi kapauada pada racikan gulai dan rendangnya. Kepopuleran nasi kapau di masyarakat di luar Kapau pun berkembang secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Termasuk di Jakarta. Pusat kuliner nasi kapau bisa ditemui di Jalan Pasar Senen. Di sepanjang jalan dekat politeknik LP3I bisa ditemui para pedagang kuliner nasi kapau yang banyak menawarkan ragam kuliner masakan asal Minang.

Lelo Syarifianna didampingi suaminya Zulkadi pemilik Nasi Kapau Bukittinggi. (Indozone.id)
Lelo Syarifianna didampingi suaminya Zulkadi pemilik Nasi Kapau Bukittinggi. (Indozone.id)

Beda dengan di restoran, nasi kapau yang dijajakan pedagang di Pasar Senen ini ditempatkan dalam panci besar bersusun-susun yang diletakkan di antara bangku tempat para pembeli yang makan dekat dengan si penjual.

Dari banyak pedagang nasi kapau di Pasar Senen itu, kata Lelo sudah memiliki pelanggannya masing-masing. Pemburu kuliner pun cukup banyak di sini, terutama pada saat jam makan siang dan malam hari.

Banyak pembesar yang sudah menjadi langganan mereka. Di antaranya pengacara kondang Almarhum Adnan Buyung Nasution, Yusril Ihza Mahendra hingga hingga mantan menteri kehutanan MS Kaban.

Mereka mencari kulinerkhas masakan Minang, terutama nasi kapaunya yang lezat dan bisamenggoyang lidah. Tentu saja dengan cita rasanya yang khas. Pilihan ini pun bisa disetel pengunjungkalau tidak sukapedas, mereka tidak perlu menambahkan sambalbalado di atas piring.

Menjamurnya nasi kapau di wilayah Senen pada awalnya pada tahun 60-an. Menurut Lelo, ia dan suaminya meneruskan usaha yang dirintis oleh orangtua ketika pertama merantau ke Jakarta.

Dagangan nasi kapau keluarganya awalnya berada di depan proyek senen pada tahun 70-an. Tapi kemudian mereka pindah di Jalan Kramat Soka, Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Menu yang disajikan pun cukup beragam. Disamping ada sayuran khas kapau tadi, mereka juga menyajikan gazebo usus, ayam rendang, ayam gulai, ayam bakar sampai ayam cabai ijo.

Di sini pengunjung juga bisa merasakan bebek cabai ijo, rendang kering, dendeng batoko, babat usus, limpa, hati, gulai ikan mas, belut goreng sampaiparu goreng.

Tapi jangan lupakan gulai tunjang.Tunjang atau kikil merupakan bagian kaki sapi yang terdiri dari kulit, tulang rawan dan otot sapi. Rasanya cukup makyos, menggoyang lidah.

Usai merasakan kuliner bercita rasa pedas tadi, pembeli di nasi kapau Bukittinggi pun bisa memesan Es Tebak, es serut tradisional yang menyegarkan.

Bagaimana guys apakah kamu ingin merasakan nasi kapau Bukittinggi?

Artikel Menarik Lainnya

Topik Menarik