Sel Hewan: Struktur, Pengertian, Ciri-cirinya dan Perbedaannya dengan Sel Tumbuhan

Sel Hewan: Struktur, Pengertian, Ciri-cirinya dan Perbedaannya dengan Sel Tumbuhan

Nasional | inewsid | Rabu, 27 April 2022 - 16:11
share

JAKARTA, iNews.id - Sel hewan memiliki perbedaan dengan sel tumbuhan. Agar semakin memahaminya, simak informasi pengertian, struktur, ciri hingga contoh sel hewan.

Melansir buku \'Biologi\' terbitan Grafindo, sel hewan tidak memiliki dinding sel sehingga bentuk sel hewan tidak tetap seperti sel tumbuhan. Pada sel hewan, ditemukan sentriol yang tersimpan dalam sentrosom.

Sebutkan Apa Saja Sel Hewan?

Apa Saja Ciri-ciri Sel Hewan?

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan dan sel hewan pada umumnya memiliki ukuran yang sama. Namun, pada lapisan luarnya terdapat perbedaan, yakni membran sel pada bagian terluar sehingga bentuknya bisa berubah-ubah tergantung tekanan permukaan. Sedangkan, sel tumbuhan terdiri dari dinding sel yang kuat sehingga ukurannya tetap.

Dinding sel hewan memiliki sifat permeabel sehingga pada kondisi tertentu membran sel dapat mengembang dalam batas tertentu. Sebaliknya, sel tumbuhan tidak mencegah terjadi pengembangan sel karena terdiri dari dinding sel.

Selain itu, sel tumbuhan juga memiliki kemampuan menyusun senyawa anorganik sederhana menjadi karbohidrat, lemak dan protein. Sebaliknya, sel hewan hanya mencerna senyawa-senyawa yang berasal dari tumbuhan dan hewan lainnya.

Topik Menarik