Demi Keamanan Perjalanan KA, KAI Daop 4 Semarang Terjunkan Ratusan Petugas Pemeriksa Jalur

Demi Keamanan Perjalanan KA, KAI Daop 4 Semarang Terjunkan Ratusan Petugas Pemeriksa Jalur

Terkini | muria.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 17:20
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id – PT KAI Daop 4 Semarang terjunkan ratusan petugas pemeriksa jalur (PPJ) setiap harinya demi memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api (KA) di wilayahnya.

“Setiap harinya ada 125 petugas pemeriksa jalur yang mengecek kondisi jalur rel di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang,” jelas Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo dalam keterangan pers, Selasa (8/10/2024).

Menurut Franoto, petugas pemeriksa jalur merupakan ujung tombak dalam menjaga keselamatan operasional kereta api. Pengecekan jalur merupakan komitmen KAI untuk memastikan jalur aman dilalui kereta api.

Para petugas pemeriksa jalur, lanjut Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, memiliki tanggung jawab besar untuk memeriksa dan memastikan kondisi jalur dalam keadaan terbaik, bebas dari potensi gangguan.

Untuk diketahui, sambung Franoto, petugas pemeriksa jalur adalah personel yang bertugas memantau dan mengecek kondisi jalur rel secara berkala, baik secara visual maupun dengan menggunakan alat bantu khusus. 

PPJ akan memeriksa kondisi fisik rel, bantalan, sambungan, serta penambat dan balas. Mereka tambahnya, juga memastikan tidak adanya potensi kerusakan atau ancaman yang membahayakan perjalanan KA.

Franoto mengatakan, di wilayah kerja KAI Daop 4 Semarang, yang mencakup 43 stasiun aktif dari Tegal, Semarang hingga Blora dan di sisi selatan sampai Stasiun Gundih di Kabupaten Grobogan.

“PPJ dalam bertugas, tidak mengenal cuacam panas terik maupun hujan deras, harus tetap disiplin. Tidak hanya harus teliti, tetapi juga memerlukan fisik dan mental yang prima," ujar Franoto.

Selain itu, menurutnya, kecakapan berpikir juga menjadi salah satu syarat utama seorang PPJ. Juga  dituntut untuk memahami tata cara pemeriksaan jalur rel dan mampu menganalisanya.

Untuk menjadi PPJ yang dinyatakan siap bertugas di lapangan, harus melalui berbagai tahapan pelatihan. Seperti mengikuti modul pelatihan khusus PPJ.

Lalu  diklat tenaga perawatan jalur kereta api tingkat pelaksana hingga mendapatkan sertifikasi calon pemeriksa jalur yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

"Kerja keras dan dedikasi dari para Petugas Pemeriksa Jalur merupakan fondasi penting dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api,” kata Franoto. (*)

Topik Menarik