Minimalisasi Banjir, Dinas PUPR Grobogan Benahi Drainase di Sejumlah Lokasi Kota Purwodadi

Minimalisasi Banjir, Dinas PUPR Grobogan Benahi Drainase di Sejumlah Lokasi Kota Purwodadi

Terkini | muria.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 17:25
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Kurangi dampak banjir ketika musim hujan, Dinas PUPR Kabupaten Grobogan membenahi drainase dengan melakukan pengerukan di sejumlah lokasi.

Proses pembenahan hingga Rabu (2/10/2024) masih berlangsung, seperti di Jl Dr Sutomo. Serta penyempurnaan bagian atas drainase yang telah dilakukan pengerukan.

Ratusan karung berisi lumpur dikumpulkan oleh para pekerja yang bekerja di sepanjang lokasi. Mereka juga harus membongkar lantai trotoar guna memudahkan proses pengerukan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Een Endarto melalui Sekretaris Dinas PUPR Wahju Tri Darmawanto mengatakan, ada dua paket pekerjaan konsolidadi drainase.

"Untuk Tahun Anggaran 2024, ada dua paket konsolidasi drainase, yakni di Jl S Parman, Jl Kartini, Jl Tendean, Jl Wijaya Kusuma. Serta satu paket lagi di Jl Dr Sutomo, Purwodadi," jelas Wahju.

Adapun pekerjaan drainase di Jl S Parman, Jl Kartini, Jl Tendean dan Jl Wijayakusuma, lanjut Sekdin PUPR Grobogan, nilai kontraknya sebesar Rp730 juta dikerjakan oleh CV Wiguna Arya.

Sedangkan pekerjaan konsolidasi drainase di Jalan Dr Sutomo nilai kontraknya Rp190 juta dengan pelaksana CV Purnama Jaya. Kegiatan ini sebagai upaya meminimalisasi banjir.

Ditambahkan Sekdin PUPR Wahyu, untuk yang Jl Kartini selain dilakukan pengerukan lumpur drainase, nantinya juga dilakukan perbaikan trotoar sepanjang 90 meter dari total panjang jalan 150 meter.

"Untuk pembangunan trotoal Jalan Kartini Purwodadi sepanjang 90 meter, materialnya sama persis dengan trotoar depan Setda Grobogan atau Jl Gatot Subroto Purwodadi," terang Wahju.

Sedangkan untuk yang di Jalan S Parman Purwodadi sisi utara, menurut Sekdin PUPR, hanya dilakukan penggantian plat yang rusak karena akar pohon.

"Untuk Jalan S Parman penggantian plat sepanjang 30 meter. Ke depan rencana akan disiapkan untuk trotoar," tambah Wahju. 

Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas PUPR sejak 2017 secara bertahap membangun pedesterian atau trotoar di sejumlah lokasi di Kota Purwodadi.

Pemkab Grobogan juga sudah mengajukan Banprov yang rencananya dipergunakan untuk membangun pedestrian di Jl Sudirman dan Jl S Parman Purwodadi. (*)
 

Topik Menarik