Sastra Bentara Hadirkan Bincang Dua Novel Beesama Rayni N Massardi di Bali

Sastra Bentara Hadirkan Bincang Dua Novel Beesama Rayni N Massardi di Bali

Terkini | mnctrijaya | Rabu, 3 Juli 2024 - 08:15
share

Sastra Bentara kali ini akan membincangkan dua novel terkini karya penulis Rayni N. Massardi, yakni novel grafis Tidak Jatuh Cinta dan Sinar : Cinta Luar Biasa Orang Biasa. Masing-masing karya tersebut merupakan buah kolaborasi Rayni dengan kreator atau penulis lain, sejurus upaya mengeksplorasi berbagai kemungkinan baru dalam penciptaan karya kreatif.


Sebagai penulis yang produktif, ini bukan kali pertama Rayni melakukan kolaborasi dengan penulis atau ilustrator. Melalui kolaborasi cipta tersebut, boleh dikata lahir karya-karya yang bukan saja memperkaya perspektif dan kemungkinan kreasi baru, tetapi juga menawarkan cara pandangan yang segar dalam mengeksplorasi tematik tentang cinta atau kehidupan.


Novel grafis “Tidak Jatuh Cinta” ditulis Rayni bersama Erby S, diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas (2024). Mengisahkan cinta unik antara manusia bumi, Demas, dan Karmen yang berasal dari planet lain dengan segala serba serbinya yang futuristik. Novel ini dilengkapi gambar atau sketsa hitam-putih, namun demikian karya ini berupaya menegaskan pilihan bahwa tulisan terpisah dari gambar. Berdiri sendiri-sendiri.


Adapun novel “Sinar: Cinta Luar Biasa Orang Biasa” dikembangkan oleh Rayni berangkat dari ide cerita Christyan AS, mengisahkan tentang cinta yang luar biasa yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari orang-orang biasa. Ini merupakan kolaborasi ke-4 mereka, setelah yang pertama pada tahun 2016 melalui graphics short stories “Daun Itu Mati”, lalu novel “Rainbow Cake” (2019), dan “Darah” (2023).


Pada program Sastra Bentara kali ini Rayni N. Massardi akan berbagi proses kreatifnya, terkhusus perihal bagaimana karya-karya kolaboratif ini hadir sebagai bagian dari upaya penulis membebaskan kreativitasnya dan menemukan kemungkinan kreasi penciptaan yang baru. Acara juga akan dimaknai pembacaan nukilan novel oleh Christyan AS.

Topik Menarik