Dorong Pertumbuhan Wisata Olahraga, 1.200 Peserta Ikut Oil Palm Marathon GAPKI di Sergai

Dorong Pertumbuhan Wisata Olahraga, 1.200 Peserta Ikut Oil Palm Marathon GAPKI di Sergai

Olahraga | medan.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 11:30
share

SERGAI, iNewsMedan.id - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumatera Utara sukses menggelar Oil Palm Marathon ke-4, Run for Sustainable Oil Palm, di perkebunan sawit Kebun Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada Minggu (29/9/2024).

"Oil Palm Marathon kali ini diikuti oleh 1.200 orang. Di mana, Maraton tahun ini menawarkan empat kategori jarak, yaitu 5K, 10K, setengah maraton (21K), dan maraton penuh (42K)," ujar Ketua GAPKI Sumut, Timbas Prasad Ginting.

Selain maraton, acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti bazar, undian berhadiah, dan penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama GAPKI Sumut dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan PT Fajar Agung.

Menurut Timbas, antusiasme masyarakat untuk mengikuti Oil Palm Marathon semakin meningkat setiap tahunnya. "Tahun ini, peserta yang mendaftar melebihi kuota awal yang kami tetapkan. Ini menunjukkan minat masyarakat yang tinggi terhadap acara ini," ujarnya.

Peningkatan jumlah peserta, termasuk partisipasi pelari profesional dari luar negeri dan mahasiswa, menunjukkan keberhasilan acara ini dalam mempromosikan potensi kelapa sawit Indonesia, pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, dan kebun kelapa sawit yang ramah lingkungan.

 

"Kami berharap Oil Palm Marathon dapat terus menjadi ajang untuk melawan isu-isu negatif yang sering dialamatkan pada industri kelapa sawit Indonesia, seperti tuduhan menyebabkan kekeringan, emisi gas rumah kaca, dan pemanasan global," katanya.

Selain itu, Oil Palm Marathon juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pariwisata, khususnya wisata olahraga.

"Adanya Maraton Kelapa Sawit telah meningkatkan tingkat hunian hotel di sekitar lokasi acara," tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum GAPKI Eddy Martono, Kabul Wijayanto, Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana sekaligus Plt. Direktur Kemitraan BPDPKS, Normansyah Hidayat Syahruddin, M.Eng.Sc, Ph.D - Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS, pengusaha kelapa sawit nasional, serta Konsulat Kehormatan Kerajaan Belanda di Medan, Ir Ony Hindra Kusuma MBA.

Ketua Panitia, DR. H. Rahmat Shah, yang juga Direktur Utama PT Fajar Agung, merasa senang dan bangga atas keberhasilan acara Oil Palm Marathon 2024.

"Kita harus terus mensosialisasikan citra positif perkebunan kelapa sawit di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara, untuk menghilangkan isu-isu negatif," ujarnya.

 

Ia menegaskan bahwa perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, yang merupakan penerapan dari konsep pertanian berkelanjutan yang menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, terus diterapkan oleh perusahaan kelapa sawit di Sumatera Utara dan tingkat nasional.

Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya, merasa bangga dan bersyukur karena daerahnya kembali dipercaya menjadi tuan rumah Oil Palm Marathon.

"Oil Palm Marathon di Serdang Bedagai diharapkan dapat semakin mempromosikan potensi Serdang Bedagai, khususnya pariwisata dan perkebunan," katanya.

Bupati Serdang Bedagai juga menyebutkan bahwa sebagai tuan rumah, Pemkab Serdang Bedagai ikut membantu pemerintah dalam menangkal isu-isu negatif tentang kelapa sawit yang merupakan salah satu komoditas utama di kabupaten tersebut.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Tambunan, sebelumnya juga menegaskan bahwa acara Oil Palm Marathon merupakan momen yang tepat untuk mengajak masyarakat hidup sehat melalui olahraga.

Topik Menarik