Abdee Slank Idap Penyakit IgA Nephropathy, Jalani Perawatan Medis di Rumah Sakit

Abdee Slank Idap Penyakit IgA Nephropathy, Jalani Perawatan Medis di Rumah Sakit

Gaya Hidup | medan.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 15:10
share

MEDAN, iNews.id - Musisi ternama Tanah Air, Gitaris Slank Abdee Negara sedang menjalani perawatan di rumah sakit lantaran penyakit yang dideritanya. 

Hal tersebut diungkapkan oleh sang kakak dari Abdee Slank, Buddy Ace.

Buddy Ace mengatakan bahwa sang adik dirawat di rumah sakit sejak (19/9/2024) lalu. Perawatan Abadee Slank, kata Buddy untuk melakukan observasi terhadap kondisi ginjalnya karena sang adik sempat melakukan transplantasi ginjal pada 2016. 

"Untuk observasi terhadap kondisi kesehatan ginjalnya, hasil transplantasi sejak Januari 2016, dari hasil observasi November 2016," kata Buddy Ace.

Observasi yang dilakukan Abdee ini juga sebagai tindak lanjut usai sang musisi terserang auto immune atau IgA Nephropathy. "Hasil observasi menunjukkan Ginjal hasil transplantasi 9 tahun lalu itu, kini diserang auto immune atau yang dikenal secara medis dengan sebutan, IgA Nephropathy," katanya.

Buddy Ace mengatakan, IgA Nephropathy atau disebut antibodi yang bisa membantu tubuh melawan infeksi. Hanya saja, protein itu mengendap dalam ginjal Abdee dalam jumlah banyak, sehingga membuat kondisinya menurun.

"Nefropati IgA terjadi ketika terlalu banyak protein ini mengendap di ginjal. IgA terbentuk di dalam pembuluh darah kecil ginjal. Struktur di ginjal yang disebut glomerulus menjadi meradang dan rusak. Gangguan ini dapat muncul tiba-tiba (akut), atau memburuk secara perlahan selama bertahun-tahun (glomerulonefritis kronis)," ujar Buddy.

Kendati demikian, Buddy Ace memastikan kondisi Abdee sudah lebih baik dari sebelumnya. Dia pun mengucap syukur atas kondisi tersebut.

"Alhamdulillah jauh lebih baik dari sebelumnya," tuturnya.

Topik Menarik